Mentan Bagikan 600 Ekor Ayam Petelur

24
DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA PANEN. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (kanan) didampingi Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum panen telur ayam kampung di Desa Kiarajangkung Kecamatan Sukahening Jumat (11/1).

SUKAHENING – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyerahkan bantuan 600 ekor ayam kampung petelur unggul untuk 11 ribu rumah tangga miskin (RTM) di Desa Kiarajangkung Kecamatan Sukahening, Jumat (11/1). Ini merupakan salah satu program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja).

Andi menjelaskan Bekerja merupakan program pemerintah untuk pengentasan kemiskinan. Melalui bantuan ayam kampung petelur unggul ini, diharapkan masyarakat dengan status rumah tangga miskin mampu memeliharanya untuk meningkatkan perekonomian.

“Kita berharap dengan bantuan ini cita-cita desa mandiri bibit ayam kampung unggul dapat terwujud. Kita tahun ini memberikan 20 juta ayam kampung petelur dengan anggaran yang disiapkan Rp 4 triliun untuk RTM di seluruh Indonesia,” ungkap Andi kepada wartawan kemarin.

Kata Andi, setiap RTM menerima 50 ekor ayam yang dilengkapi dengan kandang sederhana, pakan untuk pemeliharaan selama 6 bulan. Kemudian diberikan pelayanan vaksin dan obat hewan serta pendampingan secara intensif atau bimbingan teknis.

“Kita juga seklaigus menyerahkan bantuan berupa mesin tetas sejumlah 96 unit kepada 48 Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Itu sebagai bentuk keberlangsungan program ini,” paparnya.

Andi mengharapkan dengan semangat dan optimisme para peternak, pengembangan ayam kampung unggul yang berkelanjutan akan menambah pendapatan masyarakat rumah tangga miskin.

“Selain penyerahan bantuan ini, kita juga panen telur hasil produksi RTM. Sekaligus panen bibit anak ayam berumur satu hari atau DOC yang dikelola oleh BUMDes Amanah di Desa Kiarajangkung Kecamatan Sukahening,” paparnya.

Andi menambahkan program Bekerja ini telah dilakukan di 10 provinsi, 22 kabupaten dan 807 desa yang melibatkan 200.000 rumah tangga miskin (RTM) pada tahun 2018. “Kabupaten Tasikmalaya menjadi salah satu target sasaran program ini yang meliputi 48 Desa di lima kecamatan yaitu Sukahening, Cikatomas, Salopa, Jatiwaras dan Sodonghilir,” katanya.

Tempat yang sama, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengapresiasi hadirnya program bantuan untuk rumah tangga miskin di Kabupaten Tasikmalaya.

“Ini merupakan program Presiden Joko Widodo yang direalisasikan oleh Kementerian Pertanian. Kami menyambut baik program ini untuk masyarakat miskin khususnya di Jawa Barat. Artinya pengentasan kemiskinan di Jawa Barat terbantu oleh program kementerian,” paparnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya Roni Ahmad Syahroni menjelaskan program Bekerja khususnya untuk pemberian bibit ayam kampung petelur ini sudah diberikan tahun kemarin. Di Kecamatan Sukahening, yang mendapatkan bantuan ayam kampung petelur ada 1.057 RTM.

“Kita berharap program ini bisa berlanjut terus. Karena masih banyak rumah tangga miskin di Kabupaten Tasikmalaya yang belum mendapatkan program ini,” harapnya.(dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.