Beranda Kota Tasik Tasikmalaya Menuju Label Kota Pendidikan

Tasikmalaya Menuju Label Kota Pendidikan

199
0
BERBAGI
HARDIKNAS. Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman didampingi Wakil Wali Kota H M Yusuf dan Sekda Ivan Dicksan berfoto saat memperingati Hardiknas di Bale Kota, Rabu (2/5). foto; Pitri Siti Halimah / Radar Tasikmalaya

LETNAN HARUN – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) harus dimaknai sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia.

Presiden Joko Widodo menggariskan bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan berhasil mengimbangi era globalisasi jika manusianya berkualitas.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman saat peringatan Hardiknas di Bale Kota, Rabu (2/5) pagi.

Menurut Budi, manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa.

Segala capaian yang diraih sebagai individu maupun sebagai bangsa kolektif tak lepas dari persinggungan dengan mutu pendidikan dan jenjang pendidikan.

“Bagaimanapun kunci keberhasilan bangsa tidak lepas mulai dari pendidikan dasar, menengah hingga pendidikan yang lebih tinggi. Indikator pendidikan sangat memberikan kontribusi,” katanya.

“Kita ingin pendidikan semakin berkualitas menghadapi era globalisasi saat ini yang tidak bisa kita hindari. Harus menunjukkan bahwa kita bangsa yang besar, berkualitas punya pendidikan berkualitas,” sambung Budi.

Dia menyebutkan dunia saat ini sangat berbeda dengan dunia beberapa dekade lalu. Perubahan terjadi begitu cepat.

Revolusi teknologi menjadi pendorong lompatan perubahan yang akan berpengaruh.

Salah satu dukungannya dengan perlu memastikan bahwa apa yang dipelajari para pelajar saat ini bisa menjawab tantangan zamannya. Di antaranya kreatif dan berpikir kritis.

Kuncinya menyiapkan generasi yang semakin berkualitas berdaya saing. Saya selalu katakan untuk kuasai teknologi. Tapi ingat jangan sampai meninggalkan IMTAQ, nilai kebudayaan juga nilai kebangsaan,” tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tasikmalaya Drs H Achdiat Siswandi MP mengakui meski beberapa target kerjanya di bidang pendidikan belum tercapai sepenuhnya olehnya, namun secara prinsip layanan mutu pendidikan sudah cukup baik.

Dilihat dari angka kelulusan tidak menemui hambatan.
Target ke depan, Disdik berencana meningkatkan pendidikan lebih baik lagi.

Salah satunya wacana menjadikan Kota Tasikmalaya menjadi kota pendidikan dengan menekankan pendidikan Tasikmalaya akan banyak keunggulan-keunggulannya.

“Fakta di lapangan wilayah Priangan Timur dalam hal ini Kota Tasikmalaya menjadi daya tarik pendidikan dengan keunggulannya. Seperti dari kualitas mutu layanan pendidikan keberlanjutan ke lebih tinggi. Kebanyakan orang Tasik diterima pendidikan jenjang perguruan tinggi potensinya lebih tinggi,” tegas Achdiat. (mg2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here