Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

87.5%

3.4%

0.3%

6.4%

0%

1.1%

0%

Menyiapkan SDM untuk Pilkada 2024

34
0

MANGKUBUMI – Meskipun momen Pemilu terdekat ma­sih cukup lama, Bawaslu Kota Tasikmalaya sudah mem­persiapkan sumber daya manusia (SDM). Mereka membentuk 60 aktivis sebagai relawan pengawasan.

Dalam teknisnya, Bawaslu Kota melakukan edukasi politik melalui Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) di Hotel Pajajaran, Senin (18/11). Sebanyak 60 peserta digodok melalui materi di dalam dan di luar kelas sampai Jumat (22/11).

Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya Ijang Jamaludin mengatakan para peserta merupakan masyarakat yang masuk dalam kepengurusan OKP. Mereka diberi pemahaman soal kepemiluan. “Mereka masuk melalui seleksi sehingga tidak terlalu awam,” ungkapnya kepada Radar.

Para peserta diagendakan untuk menjadi relawan pengawas partisipatif. Jadi, ketika nanti ada perekrutan untuk petugas Bawaslu, mereka punya nilai plus untuk menjadi prioritas. “Karena mereka akan diberi sertifikat sebagai bukti mereka telah menjalani sekolah kader ini,” terangnya.

Para peserta, kata Ijang, dipersiapkan untuk menghadapi pemilu di Kota Tasikmalaya. Sebagaimana diketahui, Pemilu terdekat yakni Pilkada yang rencananya diselenggarakan 2024. “Jadi kita tidak akan sulit lagi mencari relawan, karena kita sudah mempersiapkan SDM-nya dari sekarang,” tuturnya.

SKPP ini juga hasil evaluasi dari beberapa pemilu yang dilaksanakan. Bawaslu perlu kader dari kalangan masyarakat yang paham tentang regulasi dan fenomena yang rawan terjadi saat kontestasi politik. “Makanya kita datangkan pemateri yang berkompeten dari Bawaslu pusat dan pakar politik pemilu supaya mereka benar-benar paham,” ujarnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.