Mereka Ingin Disetarakan

33
0

BUNGURSARI – Sebanyak 3.500 penyandang disabilitas dari Bandung, Garut, Ciamis dan Tasikmalaya berkumpul di Lapangan Upacara Bale Kota Tasikmalaya Selasa (10/12). Mereka mengikuti peringatan Hari Disabilitas dan Hari Kesetiakawanan Nasional Tingkat Kota Tasikmalaya Tahun 2019.

Kepala Dinas Sosial Kota Tasikmalaya H Nana Rosadi menyebut ada beberapa kegiatan dilaksanakan di momen tersebut. Peruntukannya untuk warga tidak mampu dan disabilitas. Mulai pembagian kursi roda sampai graduasi masyarakat yang tidak mampu menjadi mampu.

“Termasuk kami juga membuka pengobatan gratis dan terapi, bersama organisasi profesi seperti IDI, IBI, IAI serta beberapa rumah sakit,” katanya kepada Radar.

Penyelenggaraan Hari Disabilitas dan Hari Kesetiakawanan Nasional Tingkat Kota Tasikmalaya Tahun 2019 juga melibatkan agnia dan masyarakat. Itu sebagai bentuk kesetiakawanan dan kepedulian terhadap penyandang disabilitas.

“Intinya mereka ingin disetarakan, Pemkot harus peduli dua kali lipat dibandingkan yang lainnya,” kata Nana.

Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Aslim mengaku bersyukur tergeraknya berbagai kalangan dalam mencurahkan kepedulian bagi disabilitas.

“Tentunya kita yang normal harus bersyukur kemudian peduli, di lingkungan banyak penyandang disabilitas harus diberi ibroh,” tuturnya.

Aslim menekankan Pemkot harus memberi perhatian ekstra dan konsen membantu memfasilitasi kebutuhan bagi disabilitas. “Mereka punya keahlian dan kemampuan yang bisa menjadi aset potensi daerah. Harus konsen peduli dan memberdayakan mereka,” ucapnya. (igi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.