Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3%

19.7%

7.3%

70%

Meriahkan HUT RI, IIK Perhutani Tasik Ikut Lomba Nasi Tumpeng

86
0
LOMBA TUMPENG HUT RI
Ikatan Istri Karyawan (IIK) Perum Perhutani KPH Tasikmalaya foto bersama saat mengikuti lomba tumpeng tingkat direksi. istimewa for radartasikmalaya.com

TASIKMALAYA – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75, Ikatan Istri Karyawan (IIK) Perum Perhutani KPH Tasikmalaya, mengikuti lomba tumpeng tingkat direksi.

“Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk dukungan kepedulian dan rasa nasionalisme yang tinggi. Kami para Ikatan Istri Karyawan mengikuti acara lomba tumpeng dengan tema “Merdeka Indonesiaku Lestari Hutanku”,” ujar Ketua Ikatan Istri Karyawan Perum Perhutani KPH Tasikmalaya R. Santi Beny Suko Triatmoko kepada Radar, Senin (17/08).

Santi mengungkapkan, untuk pengerjaan membuat tumpeng dilakukan secara bergotong-royong dengan menggunakan bahan terbaik dari hasil pertanian lokal asli Indonesia serta ditata dengan apik dan menarik.

Sehingga makanan tersebut selain nikmat untuk disantap juga penuh simbol dan arti yang berkaitan dengan semangat perjuangan mengisi kemerdekaan Indonesia serta menggambarkan kesuburan dan kelestarian hutan yang dikelola oleh perhutani.

Selain itu juga merupakan simbol dan wujud dukungan moral bagi para suaminya untuk selalu menjaga, melestarikan Hutan dimana merupakan tempat kerja para suaminya.

Disisi lain tampilan dari tumpeng tersebut melambangkan rasa cinta tanah air republik Indonesia yang punya panji kebanggaan Merah Putih.

Ada juga lambang perjuangan para pahlawan pejuang bangsa yang saat berperang merebut kemerdekaan masih menggunakan Tombak bambu runcing.

Betapa kreatif ibu-ibu ikatan karyawan Perhutani Tasikmalaya ini, selain menu tersebut menggugah selera yang aromanya harum menggoda juga penuh makna dan simbol kemerdekaan Indonesia serta kelestarian alam.

“Kita patut bersyukur hidup damai dan sejahtera di alam kemerdekaan ini, yang tidak boleh kita lupakan jasa para pahlawan pejuang perebut kemerdekaan yang telah bertaruh nyawa untuk anak cucunya hingga kita bisa merasakan damainya saat ini,” kata dia.

Tujuan digelarnya lomba tumpeng tingkat Direksi ini, ujar Santi, sebagai bentuk Nasionalisme, cinta tanah air memperingati hari ulang tahun Republik indonesia yang kita cintai.

Sebagai bentuk suport juga kepada suami yang kerja menjaga dan melestarikan hutan, karena semua berharap hutan lestari masyarakat sejahtera.

Selain itu juga, untuk menanamkan rasa kekeluargaan, kebersamaan diantara istri karyawan perhutani.

Dalam kegiatan ini juga, tidak mengejar hadiah juara. “Hadiah bagi kita adalah rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang selalu terjaga, dan itu merupakan hadiah paling mahal nilainya,” kata dia.

Pembina Ikatan Istri Karyawan Perhutani KPH Tasikmalaya Benny Suko Triatmoko, menyampaikan apresiasi dan kebanggaan kepada IIK Perhutani KPH Tasikmalaya yang telah mempelihatkan kekompakan, kepedulian dan suport selama ini kepada para suaminya sebagai karyawan Perhutani KPH Tasikmalaya.

“Kita patut bersyukur masih dapat hidup di alam kemerdekaan hasil perjuangan nenek moyang kita yang patut kita isi dengan hal-hal positif dan saling memberi manfaat antar sesama, dan juga wajib ikut mempertahankannya dengan berbagai cara dan aktivitas,” ungkapnya.

Benny mengaku bangga dengan kekompakan IIK Perhutani Tasikmalaya hingga dipercaya mewakili IIK- Wilayah Divisi regional Jawa Barat & Banten untuk ikut serta dalam lomba ini walaupun tujuan akhir bukan juara.

Benny berharap semua tetap dapat menjaga kekeluargaan dan kekompakan, meningkatkan silaturahim sesama IIK dan karyawan, agar tercipta persaudaraan yang dinamis dan harmonis, walaupun peringatan Hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan akibat terjadinya wabah Covid-19.

“Kita harus mengikuti Protokol penanganan dan pencegahan Covid-19, tetapi jangan mengurangi kesakralan dan tetap gelorakan semangat untuk mengisi kemerdekaan ini,” tandasnya.

(radika robi/ rls)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.