Mesjid Agung Ciamis Tetap Gelar Jumatan, Jemaah akan Dicek Suhu Tubuh

170
0

CIAMIS –   Ketua DKM Masjid Agung Ciamis H Wawan S Arifien, mengaku tetap akan melaksanakan shalat Jumatan di masjid agung, meski ada himbauan dari pemerintah untuk tidak menggelar kegiatan yang mengumpulkan massa.

Bahkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkab Ciamis, Dinas Kesehatan, BPBD, MUI hingga bisa dilaksanakan shalat jumat .

“Karena kalau kita tidak melaksanakan jumatan maka kita yang disalahkan. Pertimbagan lain  juga di  Ciamis karena masih berada di zona hijau virus corona,” jelanya.

Namun upaya pihaknya saat ini,  dalam mencegah penyebaran virus corona, akan  melakukan pengecekan suhu tubuh para jemaah sebelum masuk ke masjid, yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan.

Jika ditemukan suhu melebihi normal, maka jemaah tersebut disarankan shalat di lantai dua.

Antisipasi lainya adalah menggulung karpet dan mengepel lantai sesering mungkin, dengan  menggunakan disinfektan untuk pencegahan.

Maka ada waktu sehari ini untuk membuat masjid lebih bersih, serta di himbau juga kepada jemaah yang akan salat jumat diharuskan membawa sajadah atau alas dari rumah.

“Kami juga meminta kepada khatib supaya menyampaikan khutbah tidak lama, setelah selesai salat dan berdoa, jemaah diminta untuk langsung membubarkan diri pulang,” ujarnya.

“Bahkan kita juga lakukan himbauan tidak ada transaksi jual beli di depan masjid yang biasa dilakukan sebelumnya,” sambungnya.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan handwash di setiap tempat wudhu, bahkan disediakan juga mobil ambulance untuk jaga-jaga.

Kondisi seperti ini akan dilakukan sampai keadaan normal. Hal itu untuk pencegahan supaya nyaman dalam melaksanakan kewajiban sebagai umat islam.

Pihaknya tetap menghimbau atau berikan surat edaran  kepada masjid besar serta masjid jami untuk tetap melaksanakan salat jumat seperti biasa.

“Utamanya harus memperhatikan kebersihan masjid, diantaranya menyedot karpet menggunakan vacum atau sebaiknya digulung dan lantai dibersihkan gunakan disinfektan, seperti halnya di masjid-masid yang berada di pinggir jalan raya,” paparnya.

“Saat momen salat Jumat, kita berdoa dan meminta perlindungan dari Allah agar secepatnya bencana ini segera diangkat kembali,” tuntasnya.

(iman s rahman)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.