Meski Jalan Lengang, di Gentong tetap Jangan Ngebut..!

82
0

TASIK – Dengan menggunakan sepeda motor, Wakapolri Komjen Ari Dono memantau jalur Gentong Tasikmalaya, Sabtu (1/6).

Soalnya, di kawasan tanjakan tersebut kerap terjadi kemacetan, saat arus mudik dan balik Lebaran.

Ari menyatakan, antisipasi arus mudik dan balik tahun ini sudah lebih baik. Hal itu dilihat dari evaluasi yang dilakukannya.

“Mudah-mudahan arus mudik dan balik tahun ini relatif lebih lancar dan jumlah kendaraan menurun,” katanya kepada Wartawan.

Menurut dia, untuk wilayah Gentong, Tasikmalaya, Ciamis dan Banjar yang perlu di waspadai sebetelunya adalah arus balik. “Arus balik karena memang geografisnya yang banyak tanjakan dan lain sebagainya,” tutur Ari.

Namun, lanjut Ari, masyarakat tak usah khawatir karena sudah diantisipasi dengan menyiapkan tukang ganjal yang sudah dikoordinir dan terlatih.

“Arus balik nanti, ketika ada kemacetan maka mulai dari Tasik Kota akan dialihkan ke jalur alternatif. Dari Ciamis nanti via Cikijing atau lewat Utara yang waktu tempuh ke Jakarta sekitar 5 jam,” kata dia.

Diakui Ari jalan alternatif tersebut memang sempit namun kondisi jalannya bagus dan sudah dipersiapkan untuk jalur alternatif tahun ini. “Kita berdoa mudah-mudahan lancar, dan tidak ada bencana longsor,” ujar Ari.

Ari memprediksi, pucak arus balik terjadi pada H-5 Lebaran. Hal tersebut dilihat dari mulainya cuti bersama, usai Apel Hari Pancasila. “Prediksi, mulai malam ini ada peningkatan, karena mulai hari ini cuti bersama. sebagian tadi wajib apel,” ungkapnya.

Ari menghimbau, jika jalur lengang maka kecepatan dijaga terutama saat menemui tikungan-tikungan. “Jangan sampai karena jalan lengang, bawa kendaraan dengan kecepatan tinggi,” sarannya. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.