Messi Dua Gol, Barca Trengginas

7

BARCELONA – Barcelona memastikan diri lolos ke perempatfinal Liga Champions, usai mengalahkan Lyon di leg kedua, Kamis (14/3) dini hari WIB. La Blaugrana menang telak 5-1 di Nou Camp dan unggul agrerat 5-1. Setelah di leg pertama kedua tim bermain imbang 0-0.

Dua gol Barca dipersembahkan sang maestro, Lionel Messi di menit 17 (p) dan 78. Tiga gol tambahan dihasilkan oleh Philippe Coutinho (31), Gerrard Pique (81) dan Ousmane Dambele (86). Sementara, satu-satunya gol Lyon dicetak oleh Lucas Tousart dimenit 58.

Sebagai tuan rumah, tentu Barcelona mengambil inisiatif serangan. Tiga penyerang di lini depan membuat tim tamu kelabakan untuk bertahan. Bahkan, Messi sudah menerima peluang manis namun gagal menghasilkan gol.

Kran gol tim tuan rumah mulai mengucur di menit ke 16 setelah Luiz Suarez dilanggar Jason Denayer di kotak terlarang. Messi yang dipercaya menjadi eksekutor dengan dingin menjinakkan Anthony Lopez lewat gaya Panenka. Skor 1-0 untuk Barcelona.

Dimenit ke 31, Philippe Coutinho menambah keunggulan tuan rumah. Eks punggawa Liverpool itu secara tenang menyelesaikan umpan silang Suarez yang secara gemilang menerobos pertahanan lawan. Skor 2-0 kembali untuk Barca.

Di babak kedua, Lyon mencoba bangkit dan memperoleh sedikit napas ketika Lucas Tousart memperkecil ketertinggalan dimenit ke 58. Lewat kemelut yang terjadi saat tendangan pojok, Lucas melepaskan tendangan usai mengontrol bola dengan dada. Bola meluncur pelan yang gagal diantisipasi Ter Stegen.

Gol penghibur Lyon tak serta merta menyurutkan nyali Barcelona untuk terus tampil trengginas. Di menit ke 78, Messi menunjukkan kelasnya sebagai pemain dunia. Melakukan solo run dari tengah lapangan, dia berhasil mengecoh dua pemain belakang Lyon dan melepaskan tendangan kaki kanan yang gagal diantisipasi Gorgelin, penjaga gawang pengganti.

Skor 3-1 Barcelona sudah unggul hingga menit 78. Alih-alih mengendurkan serangan, justru tim besutan Ernesto Valverde terus menggempur pertahanan tim tamu. Buntutnya, Gerrard Pique memperlebar keunggulan di menit 81.

Berawal dari tusukan Lionel Messi dari tengan lapangan, pemain Timnas Argentina ini terus menggiring bola ke daerah terlarang lawan. Dengan cerdas, Messi melepaskan umpan silang ke kiri pertahanan Lyon disambut Pique yang berdiri bebas. Skor 4-1 untuk tuan rumah.

Messi menjadi bintang di pertandingan leg kedua ini. Lagi-lagi dia menjadi kreator gol yang dipersembahkan oleh Ousmane Dambelle. Di menit 86, La Messiah melepaskan umpan kaki kiri yang bisa diselesaikan Dambelle dengan tendangan kerasnya. Skor 5-1 menutup pertandingan.

Berdasarkan statistik Opta, kemenangan atas Lyon membuat Barcelona tak terkalahkan dalam 30 pertandingan kandang Liga Champions terakhir mereka. Tak hanya untuk tim, Lionel Messi pun tercatat sudah mencetak 63 gol dari 62 pertandingan Liga Champions di kandang Barcelona, Camp Nou. (fan/fin)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.