MI Cibaregbeg Unggulkan Tahfiz Quran

8

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Cibaregbeg, Jalan HZ Musthofa Kota Tasikmalaya mengandalkan program tahfiz Quran dan hafalan hadis dalam membentuk karakter siswa sesuai visi dan misi.

Kepala MI Cibaregbeg Tasikmalaya Engkar Karminah SAg menerangkan program tersebut dikembangkan lantaran lokasi sekolah berada di pusat kota. Sehingga, para pelajar membutuhkan fondasi agama yang kuat. Terlebih MI ini punya visi misi menjadi lembaga pendidikan yang terunggul dalam mencetak generasi berprestasi, berwawasan Islam dan berakhlakul karimah.

“Seperti disampaikan dalam Surat Al Jasiyah bahwa kita diciptakan Allah untuk beribadah. Sehingga itu menjadi orientasi saya membentuk anak yang bertakwa dan berakhlakul karimah,” terang Engkar, Sabtu (20/10).

Pelaksanaan program keagamaan itu dimulai dari pukul 06.20. Murid-murid yang datang ke sekolah langsung masuk masjid untuk mengaji bersama. Khusus siswa-siswi kelas I yang belum bisa membaca Quran, membaca Iqra dulu. Setelah pengajian selesai, semua masuk ke kelas untuk belajar. “Pembiasaan itu kami lakukan setiap hari. Kami ingin anak-anak kami menjadi generasi ahli masjid. Sehingga sebelum pulang kita juga ajak anak untuk Salat Zuhur berjamaah,” ungkapnya.

Bendahara MI Cibaregberg Uu Umar SAg menambahkan dalam menerapkan program hafalan hadis, para pelajar menghafal hadis arbain yang pendek-pendek. Hafalan ini bertujuan agar para pelajar tahu tentang sumber hukum Islam itu dari Alquran dan hadis. Dengan begini anak-anak makin kenal dengan Islam.

“Hafalan hadis ini kami berikan setelah tahfiz Alquran di pagi hari yang diperdalam di kelas-kelas dengan konsep penyampaian sistem klasikal dan privat,” terang Uu.

Sementara, dalam menghafal hadis anak-anak belum diberi target. Hal terpenting mereka tahu dan mengenal walaupun jumlahnya sedikit. (ais)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.