MI Condong Terapkan Full Day School

21
0
KOMPAK. Guru MI Condong Kota Tasikmalaya foto bersama di halaman MI Condong Jumat (9/8). Saat ini MI Condong menerapkan program full day school untuk kelas 1. Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Condong Setianegara Cibeureum Kota Tasikmalaya menerapkan kebijakan belajar delapan jam atau Full Day School (FDS). Program FDS tersebut, diberlakukan untuk kelas satu kategori khusus yang jumlahnya 15 siswa.

Bendahara MI Condong Eli Ismah Laeli SPdI mengatakan, program FDS menerapkan suatu konsep dasar integrated activity dan integrated curriculum. Model ini yang membedakan dengan sekolah pada umumnya. Dalam FDS semua program dan kegiatan siswa di sekolah, baik belajar, bermain, beribadah dikemas dalam sebuah sistem pendidikan. Pada FDS pembelajaran dimulai pukul 07.00-15.30.

“FDS ini menyiapkan siswa agar siap menjadi insan-insan yang mumpuni dalam Imtak (iman dan takwa) dan Iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi),” katanya kepada Radar, Jumat (9/8).

FDS ini juga diadakan karena aspirasi orang tua banyak yang menginginkan pendidikan optimal. “Maka kita mengupayakan pembinaan akidah dan akhlak serta menanamkan nilai-nilai positif pada program FDS tersebut. Sehingga melahirkan anak yang saleh dan saleha,” ujarnya.

Melalui FDS ini, sambungnya, MI Condong melatih siswa menjadi anak-anak yang lebih terdidik dan seimbang dalam segala aspek. “Pagi-pagi siswa mengikuti kurikulum dari Kemenag. Setelah Zuhur, diterapkan pembekalan pendidikan agama, seperti pembacaan Alquran, hafiz , bahasa Inggris dan Arab,” katanya.

Pembina Pramuka MI Condong Dede Muslim SPdI mengatakan, dengan program FDS ini madrasah memiliki waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan sekolah dasar pada umumnya. FDS memberikan dasar yang kuat pada diri siswa untuk bisa belajar berbagai aspek mulai dari intelektual, fisik, sosial dan emosional. (mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.