Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

4.8%

42%

14%

1.4%

26.6%

0%

10.7%

0%

MI Persis Gandok Ikuti Penilaian Adiwiyata

12
0
PENILAIAN. Guru MI Persis Gandok dan penilai Sekolah Adiwiyata foto bersama usai melakukan penilaian Adiwiyata Tingkat Kota Tasikmalaya Senin (11/11). FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Persis Gandok Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya mengikuti penilaian Sekolah Adiwiyata tingkat Kota Tasikmalaya Senin (11/11).

Kepala MI Persis Gandok Arip Ripandi SPdI mengatakan madrasah berperan dalam memberikan pendidikan berbudaya dan peduli lingkungan untuk warga sekolah. Bukan hanya mengikuti penilaian Sekolah Adiwiyata saja, kata dia, namun madrasah mempunyai kewajiban untuk mencintai, peduli, dan menjaga lingkungan yang sehat dan bersih.

“Penilaian ini sebagai bentuk perhatian madrasah terhadap kelestarian lingkungan yang berkelanjutan,” katanya kepada Radar, Senin (11/11).

Melalui program ini MI Persis Gandok berusaha menanamkan perhatiannya terhadap gunung, perhatian pada sampah dengan dipilah dan dipilih serta pembiasaan siswa membawa wadah makanan dan minuman agar tidak menggunakan plastik saat jajan.

Pembiasaan itu, lanjut Arip, dilakukan untuk merawat sekolah sehat serta mengajak pemerintah Kota Tasikmalaya untuk betul-betul memperhatikan sekolah berbudaya lingkungan.

“Kami mewajibkan siswa untuk membawa wadah makanan dari rumah untuk mengurangi sampah dan pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran. Selain itu, mengajak pemerintah untuk menjaga lingkungan dari galian C,” ujar dia.

Selain itu pihaknya terus mengoptimalkan pemenuhan sarana dan prasarana ruang kosong-kosong, jenis-jenis obat-obatan keluarga beserta khasiatnya, green house dan tempat sampah. Selain itu, tanggapan tentang administrasi pada dokumen-dokumen sekolah bisa dijawab sesuai dengan kebijakan wawasan lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan.

“Jadi rata-rata instrumen penilaian sudah lengkap tinggal pemanfaatan sarana dan prasarana saja yang perlu dioptimalkan. Mudah-mudahan masuk Adiwiyata tingkat provinsi,” harapnya

Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya Dedi Mulyana menjelaskan MI Persis Gandok telah melaksanakan penilaian Sekolah Adiwiyata. Keberadaan sekolah ini sudah optimal dalam sisi penghijauan, pengolahan sampah, sanitasi dan drainase. “Harapan kita mudah-mudahan MI Persis Gandok bisa lolos untuk mengikuti penilaian Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi,” harapnya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.