Milenial Jadi Penggerak Ekonomi Digital

20

JAKARTA – Kaum milenial tercatat sebagai penggerak ekonomi digital di Indonesia. Hal ini dilihat dari pengguna e-commerce yang terbanyak dari anak-anak muda.

CEO dan Founder Alvara Research Hasanuddin Ali menyampaikan perkembangan ekonomi digital di Indonesia didorong paling besar oleh konsumsi kaum milenial.

“Sesuai riset bersama IDN Research Institut dan Alvarado di awal 2019, kelompok milenial merupakan digital natives karena 92,8 persen menggunakan smartphone dengan lama penggunaan sekitar 6 jam untuk berselancar di dunia maya,” ujar Hasanuddin di Jakarta Selasa (9/7).

Hasanuddin menjelaskan berdasarkan hasil penelitian antara Alvara dengan IDN Research Institute yang dilakukan secara tatap muka dengan metode cluster random. Penelitian tersebut melibatkan 1.204 responden di Jabodetabek, Bali, Padang, Yogyakarta dan Manado.

Dari data itu, ia membagi dalam lima kategori e-commerce yang diminati kelompok milenial seperti layanan transportasi, aplikasi pesan-antar makanan, aplikasi belanja, aplikasi pemesanan hotel dan tiket, dan pembayaran digital.

“E-commerce digital buatan Indonesia tetap paling diminati,” ujar Hasannudin.

Ketua bidang ekonomi digital dari Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) Bima Laga meyakini bahwa perkembangan digital e-commerce Indonesia akan lebih pesat lagi seiring banyaknya pengguna milenial.

“Kami dari idEA berharap e-commerce digital dalam negeri akan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi namun untuk itu perlu dukungan juga kemudahan regulasi dari pemerintah,” ujar Bima.

Menyoal rencana pajak untuk e-commerce digital, pihaknya berharap bisa berkesempatan beraudiensi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Terkait aplikasi e-commerce, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan, seiring bertumbuhnya aplikasi e-commerce dalam negeri maka UMKM juga ikut berkembang.

“Dengan aplikasi e-commerce ini pelaku UMKM bisa meningkatkan perluasan penjualannya sampai ke pasar di luar negeri dan sudah banyak yang merasakannya,” ujar Samuel.

Pihaknya mengaku, terus mendukung kemajuan industri e-commerce dalam negeri demi meningkatkan kesejahteraan UMKM dan menggenjot pertumbuhan ekonomi di Indonesia. (ds/din/fin)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.