MIN 2 Bentuk Karakter Islami

13

TASIK – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kota Tasikmalaya fokus pada pembentukan karakter peserta didik. Hal ini diimplementasikan dalam berbagai kegiatan, salah satunya kegiatan keagamaan.

Kepala MIN 2 Kota Tasikmalaya H Dodo Suryawadi MPd mengatakan, program pembentukan karakter tersebut berdasarkan visi dan misi MIN 2 Kota Tasikmalaya yakni Menjadikan Madrasah yang Unggul Iman dan Taqwa serta Memiliki Wawasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang Dilandasi Keimanan dan Ketaqwaan.

“Alhamdulillah dengan visi dan misi ini kami kompak dalam menjalankan program, di mana setiap hari sebelum belajar kita mulai dengan pembiasaan Salat Duha berjamaah,” tutur Dodo saat Talk Show Bincang Radar di Studio Radar TV Senin (8/10).

Kemudian dilanjutkan dengan membaca Asma’ulhusna, kultum dan hafalan Alquran Juz 30. Khusus hari Jumat ada pembacaan Surat Yasin. “Pembiasaan keagamanan ini merupakan langkah awal dalam pembentukan karakter. Sehingga dengan pembiasaan ini akan terbentuk kedisiplinan,” jelasnya.

Pihaknya juga memfasilitasi peserta didik dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler sebagai sarana pengembangan potensi, minat dan bakat. “Termasuk ekskul seni marawis dan nasyid yang menjadi kekhasan madrasah kami. Nasyid ini sudah ada sejak dulu dan memiliki sejarah penting dalam pendirian awal madrasah kami,” ungkap Dodo.

Lanjutnya, adapun untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh siswa dan guru, Dodo ingin membuat studio mini kegiatan seni. “Ternyata guru juga banyak yang memiliki potensi dalam seni, ada yang mahir berbagai alat musik, mahir teather dan paduan suara. Studio ini untuk maksimalkan bakat itu,” tuturnya. Dodo juga ingin menerapkan pembiasaan Bahasa Arab dan Inggris sebagai percakapan di sekolah.

Bagian Kurikulum MIN 2 Kota Tasikmalaya Onah Nurjanah SPdI mengatakan, program karakter yang diterapkan terintegrasi di semua aktivitas belajar mengajar, terlebih madrasahnya sudah menggunakan Kurikulum 2013 sehingga semua mata pelajaran terintegrasi dengan karakter.

“Kami juga ada program Tahfidz Alquran, semua siswa wajib hafal Juz 30 saat lulus dari MI,” ucapnya. Bahkan, sambungnya, untuk program tahfidz ini ada yang hafal sampai 2 Juz yakni Juz 30 dan 29.

Bagian Kesiswaan MIN 2 Kota Tasikmalaya Ojak MPd menambahkan, di sekolahnya ada juga program pendalaman kitab kuning bekerjasama dengan pesantren yang ada di sekitar Madrasah. “Kita masih mencari formula yang pas, semoga semester depan kita sudah bisa mulai kajian kitab kuning di sekolah,” ujarnya.

Selain itu, sambungnya, MIN 2 juga memiliki kekhasan dalam bidang seni Islami marawis dan nasyid. “Marawis tersebut diminati oleh banyak siswa dan pembinaan juga dilakukan secara rutin setiap jam istirahat atau hari Sabtu,” pungkasnya. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.