Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.1%

19.7%

8.1%

68.1%

Minim Hotel untuk Dukung Pariwisata, Pemkab Tasik Lakukan Ini..

114
0

SINGAPARNA – Keberadaan hotel di Kabupaten Tasikmalaya memang masih terbatas.

Sementara objek wisata yang dimiliki cukup melimpah dan masih berpotensi untuk terus dikembangkan sehingga menjadi destinasi unggulan.

Baca juga : JNE Radar Tasik Bagikan Hadiah Voucher Hotel

Menyikapi hal tersebut, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tasikmalaya mencoba melakukan terobosan untuk memanfaatkan rumah warga menjadi homestay. Itu sebagai alternatif minimnya hotel yang bisa digunakan oleh wisatawan.

Hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada wisatawan yang datang ke Kabupaten Tasikmalaya, khususnya di daerah atau kawasan alam. Dengan demikian para wisatawan bisa nyaman dan tidak kesulitan untuk mencari tempat penginapan.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata pada Disparpora Kabupaten Tasikmalaya Drs H Epi Hepi Mulyajaya mengatakan, homestay dikhususkan di daerah atau kawasan wisata, khususnya di desa yang memiliki tempat wisata.

“Untuk dapat merealisasikan rencana tersebut tentunya harus menggandeng atau memberdayakan masyarakat setempat yang tinggal di dekat destinasi wisata,” ujarnya kepada Radar, Minggu (23/8).

Kata dia, harus ada pembinaan bagaimana cara mengelola homestay yang baik. Mulai dari melengkapi fasilitas kamar, tempat mandi, tempat parkir, sarana ibadah, akses mobilitas ke objek wisata, kebersihan dan keamanan serta yang lainnya.

“Memperbanyak homestay di daerah destinasi wisata sangat diperlukan, karena tidak semua daerah memiliki hotel dan penginapan. Dengan pemberdayaan warga setempat untuk homestay ini nantinya dapat membantu perekonomian warga,” ujarnya, menjelaskan.

Baca juga : Mama Kudang Tasik Layak Jadi Pahlawan Nasional

“Homestay ini harus dikembangkan, pasalnya sejauh ini tempat-tempat wisata di Kabupaten Tasikmalaya belum dilengkapi sarana penginapan semacam hotel dan lainnya,” katanya, menambahkan.

Lanjut dia, homestay dapat menjadi solusi tepat bagi wisatawan yang membutuhkan tempat beristirahat dan menginap di sekitar destinasi wisata. Sehingga mereka bisa dengan mudah mengakses objek wisata kapan pun. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.