Minta ASN Netral

50

Tasik – Atmosfer kontestasi politik menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 sudah terasa. Dengan menggeliatnya sosialisasi perorangan yang dilakukan sejumlah figur di Kota Tasikmalaya, meski KPU baru menetapkan daftar calon sementara (DCS).

Melihat fenomena tersebut, Tokoh Masyarakat Cipedes H Jaka mengingatkan khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk netral dan menjaga kredibilitas serta profesionalitasnya sebagai abdi negara. Walaupun ada anggota keluarganya turut serta di ajang pemilihan lima tahunan tersebut.

“Belakangan ini menghangat adanya pejabat (ASN) wilayah aktif mengkampanyekan istrinya yang hendak menjadi calon legislatif,” ungkapnya kepada Radar, Minggu (19/8).

Apalagi, kata dia, beredar infor­masi di wilayahnya ASN tersebut gencar dalam menyukseskan anggota keluarganya. Dengan cara menggandeng RW, sebagian tokoh bahkan ulama. “Banyak yang laporan ke saya. Tentu ini bukan hal baik untuk warga khususnya di Kecamatan Cipedes,” keluhnya.

Bagi dia, tidak salah apabila anggota keluarga ASN di lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya berniat mengabdi terhadap masyarakat melalui jalur parlemen. Hanya saja, PNS tersebut, jangan sampai mencampur adukan urusan dinas dengan politik. Apalagi masa pemilihan cenderung masih lama. “Bukan melarang, tetapi pemilihan masih jauh dan jangan campur adukan antara urusan pemerintahan dengan politik pribadi,” tegas H Jaka mengingatkan.

Pemkot pun, kata dia, seharusnya tidak tinggal diam menyikapi hal itu. Mantan ketua Partai Bintang Reformasi (PBR) Kota Tasikmalaya juga mengajak masyarakat proaktif dan ikut mengingatkan pejabat yang seharusnya memberikan pelayanan terhadap masyarakat justru membumbui kinerjanya dengan hal politis. “Harus diingatkan, siapa pun boleh berpolitik tapi tetap beretika,” pungkasnya.(igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.