Minta Klarifikasi Pemilihan Kadus

413
0
AUDIENSI. Calon kadus dan beberapa aktivis Kota Banjar melakukan audiensi dengan Camat Dedi Suryadi kemarin. Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya

BANJAR – Beberapa aktivis di Kota Banjar mendatangi kantor Kecamatan Pataruman Senin (19/8). Mereka melakukan audiensi dengan Camat Pataruman Dedi Suryadi di ruang kerjanya.

Sekretaris GMNI Fahri mengatakan kedatangannya ke kantor kecamatan untuk meminta klarifikasi terkait permasalahan pemilihan kepala dusun Tembungkerta Desa Sukamukti. “Kita hanya mengawal sejauh mana proses pemilihan perangkat desa (kepala dusun, Red) Tembungkerta,” ujarnya kemarin.

Sementara Firosul Haq, salah satu calon kepala dusun Tembungkerta menduga ada yang tidak beres dalam proses pemilihan kepala dusun. “Saya sudah melaporkan ke desa dan dilakukan pertemuan waktu itu. Katanya tunggu akan dilakukan klarifikasi dulu,” katanya.

Karena tidak kunjung dapat jawaban, dia pun melakukan pelaporan ke camat. Lagi-lagi jawabannya sama, disuruh menunggu. “Terus laporan saya waktu itu gimana, diabaikan atau gimana? Sekarang malah dengar (kepala dusun) mau dilantik,” kata dia.

Camat Pataruman Dedi Suryadi mengatakan terkait pemilihan kepala dusun merupakan kewenangan kepala desa. Camat hanya menerima laporan dari desa. “Pada 13 Agustus datang surat pengajuan rekomendasi pelantikan kadus (kepala dusun). Kita diberikan waktu lima hari menerima atau menolak rekomendasi tersebut,” jelasnya. Kata dia, berdasarkan laporan dari desa tidak ada lagi masalah dan sudah sesuai prosedur, maka surat rekomendasi pelantikan kepala dusun dikeluarkan. (nto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.