Minta Pemerintah Awasi Limbah Medis

248
0

CIAMIS – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis mengkritisi pengolahan limbah medis di RSUD Ciamis yang tidak jelas. Apalagi, limbah tersebut ditumpuk di depan halaman RSUD.

Sangat berbahaya bagi kesehatan lingkungan dan masyarakat. Ketua HMI Ciamis Sholihin Susanto menuturkan persoalan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) telah diatur oleh Permen LH Nomor 30 Tahun 2009.

Bahwa, pihak rumah sakit seharusnya memiliki fasilitas penyimpanan limbah B3. Bisa dalam bentuk bangunan, tangki / kontainer, silo, waste file dan bentuk lain yang sesuai dengan perkembangan teknologi.

“Kami HMI sangat menyayangkan kecerobohan pihak RSUD Ciamis terkait pengelolaan limbah tersebut,” ujarnya saat ditemui di Sekretariat HMI Ciamis Minggu siang (27/5).

Menurutnya, dalam permen tersebut telah diatur bahwa penyimpanan atau pun pembuangan limbah B3 mulai dari 90 sampai 365 hari. Disesuaikan dengan bobot limbah yang dihasilkan setiap harinya.

Dia meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis dan Pejabat Pengawasan Lingkungan Hidup Daerah (PPLHD), segera melakukan pengawasan pengelolaan limbah B3 di RSUD Ciamis.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014. Bahwa, pemerintah daerah berkewajiban melakukan pengawasan terhadap pengelolaan limbah B3 di rumah sakit.

“Makanya kami HMI akan terus mengawal terkait pengelolaan limbah B3 yang dihasilkan RSUD Ciamis. Karena, bila pengelolaan dilakukan dengan asal-asalan, akan berakibat buruk terhadap lingkungan sekitar,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak enam ton limbah medis menumpuk di depan halaman RSUD Ciamis sejak Januari 2018. Limbah itu baru diangkut oleh PT Wastek –rekanan pemusnah limbah medis– Jumat (25/5) sekitar pukul 10.00. Itu pun belum seluruhnya terangkut, karena kapasitas mobil kontainer yang datang hanya dua ton.

Direktur RSUD Ciamis dr Aceng Solahudin menjelaskan awalnya rumah sakit memiliki mesin pemusnah limbah sendiri. Namun, sekitar delapan tahun ke belakang alat itu dimusnahkan, karena ada komplain tentang polusi udara dari masyarakat sekitar. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.