Minyak Jelantah Bisa Dijadikan Sabun

139
0
Istimewa BUAT SABUN. Ketua Yayasan Paragita Gita Noorwardhani mempraktikkan pembuatan sabun pencuci piring dari minyak jelantah beberapa waktu lalu.
Loading...

TAROGONG KIDUL – Komunitas Peduli Lingkungan Hidup Paragita mengimbau seluruh ibu rumah tangga tidak membuang minyak jelantah. Minyak sisa penggorengan tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat sabun dan biodisel.

“Sekarang minyak jelantah jangan langsung dibuang, karena dengan satu sentuhan bisa dimanfaatkan kembali,” ujar Ketua Yayasan Paragita Gita Noorwardhani kepada wartawan di rumahnya Senin (22/7).

Cara pengolahan minyak jelantah menjadi sabun cuci piring ataupun baju itu bisa dilakukan dengan melalui proses saponifikasi atau mencampur lemak minyak dengan larutan alkali. Dengan cara ini, minyak sisa penggoreng bisa digunakan kembali.

“Minyak jelantah ini bisa bernilai ekonomis jika mendapatkan sentuhan lagi. Jadi mari kita mengolah kembali limbah rumah tangga menjadi hal yang bermanfaat,” ujarnya.

Selain sabun, kata dia, minyak jelantah juga bisa dijadikan bahan baku atau feedstock pembuatan biodisel. Sekarang sebagian besar pembuatan biodiesel bahan bakunya menggunakan minyak kelapa sawit.

“Kalau feedstock-nya diubah menggunakan minyak jelatah bisa mempunyai keunggulan yang tinggi. Karena mengubah limbah menjadi produk yang mempunyai nilai guna yang tinggi,” katanya.

Dia mengatakan dengan penggunaan feedstock minyak jelantah, akan lebih murah dibandingkan menggunakan minyak sawit. Selain itu ketersedian minyak sisa melimpah. “Kalau biasa masyarakat membuang minyak jelantah, sekarang jangan. Mending kumpulkan saja, karena bisa diolah kembali menjadi barang bermanfaat,” katanya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.