Miris! Pasutri di Cigalontang Bertahan di Rumah Hampir Ambruk

400
0
HAMPIR AMBRUK. Rumah milik Amun dan Toto di Kecamatan Cigalontang tidak layak huni dan nyaris ambruk, Senin (22/7). RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

CIGALONTANG – Pasangan suami istri Amun (49) Toto (47), warga RT/RW 18/10 Kampung Cicurug Desa Sirnaraja, Cigalontang pasrah bertahan di rumah yang kondisinya hampir ambruk, Senin (22/7).

Amun mengaku selalu dihantui rasa takut melihat kondisi rumahnya yang nyaris ambruk. Apalagi ketika datang hujan, rumahnya sudah pasti banjir karena bagian atapnya bolong. “Atap bagian depan, samping, kamar semuanya bolong. Jadi ketika hujan air sudah pasti masuk,” katanya, menjelaskan.

Selain atap yang bolong, kata dia, kondisi struktur bangunan pun sudah tak lagi kukuh. Bagian depan rumah sudah disangga oleh bambu untuk menghindari ambruk. “Saya sengaja menyangga bagian depan dengan bambu supaya ketika hujan atau ada angin tidak sampai ambruk,” katanya.

Amun mengaku bukan tidak ingin memperbaiki rumahnya menjadi layak huni. Namun, keterbatasan ekonomi menjadi alasan keluarganya pasrah tinggal di rumah yang nyaris ambruk. “Penghasilan sebagai buruh serabutan pas-pasan, untuk kebutuhan sehari-hari saja terkadang masih kekurangan, apalagi untuk memperbaiki rumah,” ujarnya.

Dia mengaku iri melihat warga lainnya yang mendapatkan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni. Padahal kondisinya sama-sama rusak, tapi rumahnya belum kunjung ada perbaikan. “Rumah saya ini sering difoto-foto oleh aparat desa, sudah beberapa kali. Tapi disayangkan bantuan hingga saat ini tak kunjung datang,” kata dia, mengeluhkan.

Toto (47) mengharapkan sekali rumahnya mendapatkan bantuan perbaikan dari pemerintah. Karena kondisinya sudah hampir ambruk. “Saya bukan tidak mau memperbaiki rumah, tapi memang tidak mampu dengan kondisi perekonomian seperti ini. Apalagi penghasilan tidak menentu dan habis untuk kebutuhan sehari-hari,” katanya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.