Alaves vs Barcelona

Misi Lionel Messi, Kunci Gelar La Liga

11

ALAVES – Barcelona semakin dekat ke tahta juara La Liga 2018/2019. Kemenangan atas Deportivo Alaves di Estadio de Mendizorroza, dini hari nanti bisa menjadi persiapan pesta mereka di Camp Nou.

Setelah pertandingan ini, Raksasa Catalan akan menghadapi Levante di Camp Nou. Jika mampu mengalahkan Alaves dan memasuki duel berikutnya dengan keunggulan sembilan poin atas Atletico Madrid, Barca dipastikan mengunci gelar jika mampu mengamankan kemenangan di kandang, akhir pekan nanti.

Bahkan, Barca sebenarnya sudah bisa menjadi kampiun tengah pekan ini. Syaratnya, mereka mengalahkan Alaves dan Atletico Madrid yang menempati posisi kedua takluk saat menghadapi Valencia. Akan tetapi, kemungkinan ini cukup sulit, mengingat Atletico akan menjamu Valencia di Wanda Metropolitano.

Terlepas dari itu, Barca sudah menegaskan tekadnya ingin mengunci gelar secepat mungkin agar bisa langsung fokus ke Liga Champions. “Kami ingin menjadi juara secepat mungkin, kami harus berusaha untuk melakukannya,” kata Clement Lenglet di Marca.

Bek internasional Prancis itu mengatakan, memastikan jawara La Liga akhir pekan ini sangat penting, karena mereka akan melakoni laga kandang. “Kami akan mencoba melakukannya untuk merayakan dengan penggemar kami,” ujarnya.

Pelatih Barca, Ernesto Valverde, mengingatkan anak asuhnya bahwa mereka tidak boleh berpikir sudah juara. “Kita harus melangkah ke pertandingan demi pertandingan untuk menang hingga akhir. Itu akan selalu sulit,” jelas Valverde.

Lionel Messi bisa kembali menjadi tumpuan harapan Barca di markas Alaves. Tanpa gol dalam dua laga terakhir Barca di La Liga, Messi kini mulai dikejar bomber muda Paris saint Germain (PSG), Kylian Mbappe, dalam perebutan sepatu emas Eropa.

Menyusul hat-trick-nya ke gawang Monaco, Mbappe sudah mengoleksi 30 gol di Ligue 1 Prancis. Itu berarti Messi hanya unggul tiga gol atas penyerang 20 tahun Prancis itu dan mau tidak mau harus kembali menunjukkan insting predatornya untuk tetap di puncak daftar top skor Eropa.

Satu-satunya yang absen pada sesi latihan Barca menjelang pertandingan ini adalah Jean-Clair Todibo. Pemain muda Prancis itu tidak muncul karena sakit. Pada laga ini, Valverde sudah memanggil Dani Morer, Oscar Mingueza dan Oriol Busquets dari Barcelona B, serta Arnau Tenas dari U-19.

Kubu Alaves ingin menjaga tempat mereka di zona Eropa. Pelatih Alaves, Abelardo Fernandez, menegaskan timnya akan berusaha meraih hasil bagus. “Kita akan melihat di mana kita berada dan apa yang bisa kita lakukan. Terus berjuang untuk kemungkinan itu,” katanya di Marca.

Sayangnya, Alaves tengah dalam tren buruk. Dalam lima laga terakhir, mereka gagal meraih kemenangan. Selain itu, mereka juga akan kehilangan top skor, Jonathan Calleri yang mendapat kartu kuning kontra Real Valladolid dan harus menunggu perkembangan Takashi Inui serta Maripan yang mengalami cedera. (amr/fin)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.