Momen Indah di Laga Perdana

19
0
Jose Mourinho

LONDON – “Kami akhirnya bisa kembali ke habitat yang asli,” ucapan itu terlontar dari mulut tactician Tottenham Hotspur Jose Mourinho usai timnya menang 2-3 dalam derby tandang kontra West Ham United, Sabtu (23/11) malam. Tak ada selebrasi. The Special One, julukan Mourinho, tampak kalem setelah bomber Spurs Son Heung-min mencetak gol pertama di menit ke-36.

Jam makan siang warga London Utara makin nikmat setelah dua gol Spurs lainnya tercipta lewat sontekan winger Loucas Moura dan Harry Kane lima menit pascaturun minum. Dua gol tim tuan rumah lahir dari Michail Antonio dan gelandang The Hammers, Declan Rice yang memperkecil kedudukan menjadi 2-3.

Dikutip dari pusat database sepak bola dunia Opta, debut pertama Mou di Tottenham Hotspur membuat The Special One tidak terkalahkan dalam pertandingan perdananya di delapan klub yang pernah dilatihnya. Selain Spurs, semua kemenangan pertama diciptakannya di klub elite Inggris baik Chelsea (Musim 2004-2005) dan Manchester United (2016-2017).

Sementara di luar Inggris, Mourinho hanya meriah hasil imbang. Seperti di Liga Premier Portugal, The Special One mengalami kekalahan saat menakhodai Benfica dan hasil imbang bersama Porto (2002-2003) di awal-awal kariernya. Di Serie A, Mou yang melatih Inter Milan cuma meraih hasil imbang di laga perdananya melawan Sampdoria (2008-2009) kendati menjadi kampiun Liga Champions setahun kemudian.

Pun demikian saat melenggang bersama Real Madrid, Mou kembali imbang kontra Osasuna di musim pertamanya, 2010-2011. Otomatis, Mou lebih mengenal Liga Inggris ketimbang liga-liga lainnya.

Saat ini, rekor Mourinho di laga debut bersama klub-klub yang dilatihnya adalah lima kemenangan dan tiga kali imbang. Ya sejak didepak Manchester United Desember 2018, Mourinho tak pernah absen mengomentari setiap big match Liga Inggris. Ia semakin akrab di layar kaca, semisal menjadi pundit atau komentator di televisi jaringan terkenal.

Dilansir BBC Sport, Mou mengaku gairahnya untuk merebut trofi kepada Tottenham muncul di momen Son Heung-min melesakkan golnya ke gawang West Ham. “Saya kembali ke tempat asal. Ini adalah habitat alami saya,” katanya.

Mou mengaku, dirinya yakin pada laga perdananya di Liga Inggris, kemenangan sudah ia prediksi sejak awal. Gestur kalem dan tidak emosional, membuatnya lebih nyaman mengatur strategi. “Saya tidak gugup, apakah saya terlalu emosional? Tidak. Saya sangat menyukai masa-masa ini,” lanjutnya. (fin/tgr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.