Beranda Kota Tasik Momentum Introspeksi Diri, Pemkot Peringati Hari Kebangkitan Nasional

Momentum Introspeksi Diri, Pemkot Peringati Hari Kebangkitan Nasional

162
0
BERBAGI
HARKITNAS. Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman memimpin upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Lapangan Bale Kota, Senin (21/5).

BUNGURSARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Bale Kota, Senin (21/5). Harkitnas ini akan dijadikan momentum untuk introspeksi diri.

Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan momen ini sebagai ajang introspeksi diri. Generasi hari ini, perlu berkaca terhadap semangat dan perjuangan pendiri bangsa yang mampu menyatukan beragam elemen di tengah keterbatasan di masa lalu. “Harus meneladani pendiri republik ini yang 110 tahun lalu bisa mempersatukan dengan kondisi ala kadarnya,” ujar Budi usai memimpin upacara terang dia.

Menurutnya, dulu para pendiri bangsa terbatas akan infrastruktur, ekonomi, teknologi pun alat komunikasi. Tetapi mampu menyatukan dari Sabang sampai Merauke dengan kemajemukan suku, ras, bahasa dan budaya. “Perlunya penggemblengan semangat generasi hari ini supaya tidak terpecah belah. Sarana komunikasi dan kecanggihan yang dimiliki harusnya dimanfaatkan menjadi fasilitas pemersatu,” jelasnya.

Generasi hari ini, kata dia, perlu menyadari intoleransi yang dapat mengancam kebhinekaan. Cita-cita bangsa dalam menyatukan semua unsur yang ada di Republik Indonesia. “Semestinya elemen masyarakat hari ini malu kepada para pendahulu mereka. Perbaikan situasi ekonomi, politik, teknologi dan berbagai aspek lain seharusnya bisa menciptakan kondusivitas dan ikatan persatuan makin erat. Kelompok yang punya tendensi memecah belah kerukunan tak boleh dibiarkan tumbuh subur,” terang Budi. (igi/snd)

loading...

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.