Momentum Lebih Dekat dengan Alquran

180
0
SEMANGAT MENGHAFAL. Peserta Mukhoyam Alquran Markaz Alquran Tasikmalaya menghafal Alquran di ruang terbuka agar tidak mudah jenuh, Rabu (23/5).
Loading...

TASIK – Ramadan bulan Alquran. Maka harus menjadi spirit untuk lebih dekat dan cinta Alquran. Demi menyiapkan generasi berakhlak qurani, Pesantren Markaz Alquran, Indihiang, Kota Tasikmalaya melaksanakan Mukhoyam Ramadan yang dimulai sejak tanggal 3 Ramadan sampai 23 Ramadan 1439 H.

Pimpinan Pesantren Markaz Alquran Egis Permana Al Hafidz menuturkan kegiatan tersebut di samping merupakan agenda rutin tahunan setiap Ramadan, juga merupakan momen yang dinanti oleh setiap orang tua untuk menitipkan anak-anaknya ikut serta dalam mukhoyam Ramadan.

“Pesertanya selain dari Tasikmalaya juga ada dari Banten, Bandung, Garut, Pangandaran, Ciamis dan lainnya. Yang ikut juga beragam ada yang ingin menghafal Alquran, bahkan ada yang sudah hafal 30 juz atau hafiz/hafizah. Sehingga ingin menguatkan hafalannya dan ada juga yang baru ingin belajar Alquran,” terang Egis, Rabu (23/5).

Mukhoyam Ramadan yang dilaksanakan di samping menjadi peluang untuk menghafal Alquran dengan target hafalan berbeda-beda, juga ada prioritas belajar tahsin dan lainnya.

”Intinya setiap hari kita perbanyak interaksi dengan Alquran. Hafalan anak-anak beragam. Ada yang sudah 30 juz, 15 juz, 5 juz dan lainnya. Namun pada intinya kita bersama-sama lebih dekatkan hubungan kita dengan Alquran dan Allah di bulan Ramadan ini,” ungkapnya.

Loading...

Dia juga menjelaskan selama mukhoyam aktivitas dimulai dari jam 3 pagi, dengan tilawah, mengulang hafalan atau muroja’ah, menambah hafalan dan sahur bersama. Kemudian setelah Salat Subuh ada kajian sampai jam 7 dan baru dilanjut menghafal lagi jam 9.

Selain menghafal Alquran, peserta Mukhoyam juga ada pelatihan bicara di depan teman-temannya melalui muhadarah. Hal tersebut untuk melatih rasa percaya diri saat tampil depan umum. Agar tidak jenuh, peserta juga bebas memilih tempat yang nyaman untuk menghafal atau tilawah. Boleh di dalam ruangan, boleh juga di luar ruangan. Sehingga nyaman dan tidak mudah jenuh. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.