Motor tak Sesuai Persyaratan Masuk Pelanggaran dan Bakal Ditilang

148
SOSIALISASI - Satuan Lantas Polres Ciamis sosialisasi kepada para pelajar SMK MA'Arif Ciamis, kamis (14/2).

CIAMIS – Kanit Lamsel Satuan Lantas Polres Ciamis IPDA Dasino Gustiawan menghimbau kepada masyatakat, khususnya anak-anak millennial terutama kalangan pelajar.

Jika hendak mengendari motor, haruslah tunggangannya itu memenuhi persaratan teknis.

Sebab, jika tak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan, seperti tidak dilengkapi kaca spion, klakson, lampu utama dan lampu rem, maka akan terkena pidana selama 1 bulan penjara atau denda paling banyak Rp 250.000.

Hal terebut jelas diatur dalam Pasal 106 ayat (3) junto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) UU LLAJ no 2 Tahun 2019.

“Saya tekankan, selain selain kaca spion , lampu rem dan lampu utama, tentunya lampu motor harus menyala jangan sampai padam agar tidak melanggar aturan,”  terang Dasino saat sosialisasi  “Millennial Road Safeti Festival ” kepada puluhan pelajar SMK Ma’Arif Jalan Citapen Bangunsirna Desa Sukamaju Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis, Kamis (14/2) pagi.

Lanjut Dasino, jika semua persyaratan tidak ada di kendaraan,  maka motor dikatakan tidak laik jalan dan sekaligus melangar aturan dan bisa dikenakan tilang.

“Peraturan lain yang seringkali diabaikan oleh anak muda saat ini adalah knalpot yang tidak standar.  Knalpotnya bising dan mengganggu ketertiban umum.  Agar terhindar dari jerat hukum maka suara knalpot harus sesuai standar kebisinganya,” ujarnya.

Kapasitas mesin sepeda motor 80 CC maximal kebisingan knalpotnya 80 dB. Untuk sepeda motor 80-175 CC dan diatas 175 CC maximal kebisingan yaitu 90 dB.

Peraturan kebisingan knalpot sepeda motor tersebut berdasarkan standar Global Economic Comission For Europe (ECE). “Saya kira kertentuanya udah diatur, gunakan knalpot yang standar pabrik. Jangan berani-berani merubahnya karena itu pelanggaran hukum juga,” tegasnya.

Wakil Kepala Sekolah SMK MA, Arif Ciamis Iyus Alyas Mukhlis SPd menuturkan dengan adanya sosialisasi dari Lantas Polres Ciamis sangat berguna bagi para pelajar.

“Para siswa harus tahu betul, bahwa kendaraan itu harus standar pabriknya. Jangan diutak-atik apalagi knalpot jadi bising mengganggu ketertiban umum. Semoga para pelajar dapat menggambil hikmah dan ilmu,” pungkasnya. (isr/adv)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.