Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

88.5%

3.1%

0.3%

5.9%

0%

1%

0%
Deklarasikan Stok Buang Air Besar Sembarangan

Kelurahan Mugarsari Kota Tasik Jaga Semangat ODF

28
0
DEKLARASI. Pemerintah Kelurahan Mugarsari mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Jumat (15/11). Ujang Nandar / Radar Tasikmalaya

TAMANSARI – Meskipun penilaian Jawara Open Defecation Free (ODF) 2019 sudah selesai, semangat Pemerintah Kelurahan Mugarsari Kecamatan Tamansari untuk mewujudkan Kelurahan ODF terus terjaga.

Jumat (15/11), mereka mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (ODF) Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Aula Kelurahan Mugarsari.

Pada momen tersebut hadir Camat Tamansari, Lurah Mugarsari, perwakilan puskemas, polsek, Satgas Jawara ODF, RT/RW, dan tokoh masyarakat. Mereka juga menerbangkan balon ke udara sebagai simbol Kelurahan Mugarsari ODF.

Lurah Mugarsari Ujang Dani menerangkan, deklarasi ini untuk lebih menyadarkan masyarakat agar tidak buang air besar sembarang.

“Dengan adanya deklarasi ini mudah-mudahan menjadi kesempatan memperbaiki apa yang menjadi kekurangan mencapai ODF itu,” tutur Ujang.

Menurut dia, dalam merealisasikan ODF, yang paling sulit terealisasi adalah mengubah kebiasaan masyarakat yang membuang air besar sembarangan.

“Mudah-mudahan dengan adanya deklarasi ini lebih menguatkan kembali masyarakat terbebas dari apa yang menjadi program ODF,” ucap dia.

Camat Tamansari Ukim Sumantri menyatakan, deklarasi itu dalam upaya lebih meningkatkan komitmen masyarakat dalam mendukung program Jawara ODF.

“Deklarasi ini sebagai komitmen kami bahwa tidak lagi ada masyarakat yang membuang air besar sembarangan,” ujar dia.

Ukim menyebutkan seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Tamansari bisa ODF. Bahkan, ke depannya kelurahan Mugarsari akan direko­mendasikan menjadi peserta pada lomba kesehatan lainnya.

Deklarasi itu, juga sebagai komitmennya bahwa Kelurahan Mugarsari menjadi 100 persen ODF dapat terwujud di akhir 2019.

“Sisa waktu ini akan kami manfaatkan untuk menyelesaikan 12 persen yang be­lum ODF,” katanya. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.