MUI Serukan Rekonsiliasi

28
0
KOORDINASI. Ketua MUI Kabupaten Garut KH Srodjul Munir (tengah) bersama pimpinan ormas Islam di Kabupaten Garut membahas hasil kesepakatan ulama di Jawa Barat pascapelaksanaan Pemilu Serentak. Salah satu kesepakatannya, mengajak masyarakat kembali bersatu. Yana Taryana / Rakyat Garut

TAROGONG KIDUL – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Garut akan terus melakukan rekonsiliasi atau memulihkan kembali hubungan para pendukung peserta Pemilu, baik Pileg maupun Pilpres. Salah satu langkah yang dilakukan, yakni akan memunculkan dan menyampaikan hasil pertemuan para ulama dari seluruh ormas islam yang tergabung di MUI Jawa Barat beberapa waktu lalu kepada seluruh masyarakat.

Salah satu hasil pertemuan, yakni ulama sepakat setelah pelaksanaan Pemilu akan mengajak masyarakat untuk kembali bersatu dan tidak saling hujat, saling benci mesti awalnya beda pilihan. Para ulama juga sudah sepakat akan menjaga keamanan dan kondusivitas wilayah Jawa Barat.

“Hasil pertemuan itu memang menghasilkan banyak kesepakatan, tetapi dalam menyampaikan kepada masyarakat akan kami buat simpel supaya langsung dimengerti,” ujar Ketua MUI Garut KH Sirodjul Munir kepada Rakyat Garut, Selasa (28/5).

Dalam menyampaikan hasil kesepakatan kepada umat Islam di Garut, pihaknya akan memasukannya ke dalam materi khutbah salat Idul Fitri nanti. “Jadi kita akan masukan materinya kepada khutbah salat Idul Fitri, jadi sampai kepada masyarakat,” terangnya.

Dengan begitu, seluruh masyarakat dari semua pendukung, khususnya pada Pilpres bisa kembali bersatu dan hubungan antarumat bisa terbangun dengan baik. Dia berharap dengan adanya rekonsiliasi kondusivitas Kabupaten Garut bisa terjaga dan tidak mudah terpecah belah dengan isu-isu politik. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.