Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.8%

7.3%

69.8%

Mukena Bordir RCA Collection Kota Tasik Diminati Pasar Malaysia

99
0
PRODUK KHAS. Owner RCA Collection Reza Firmansyah menunjukkan aneka produk mukena bordir yang dijual hingga ke Malaysia. RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMLAYA
PRODUK KHAS. Owner RCA Collection Reza Firmansyah menunjukkan aneka produk mukena bordir yang dijual hingga ke Malaysia. RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMLAYA

TASIK – Produk khas menjadi identitas sekaligus lokomotif ekonomi daerah. Makanya, produk khas ini perlu dilestarikan. Seperti yang dilakukan Reza Firmansyah, warga Griya Duren Permai Kelurahan Argasari Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya yang kini menjalani usaha bordir.

Ia yang sudah 5 tahun menjadi abdi negara atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Rumah Sakit Sulianti Saroso Jakarta Utara tersebut banting setir dengan menjadi pengusaha bordir sejak tahun 2018. Ia pun membuka usaha bordir dengan nama RCA Collection.

“Saya awal masuk PNS sejak tahun 2013 dan mengundurkan diri pada tahun 2018. Saat ini, lebih fokus ke usaha bordir,” ujar Reza kepada Radar, Selasa (21/7).

Saat menjadi PNS, Reza pun sebenarnya sudah mulai menjalankan usaha mukena bordir secara online lewat website dan Instagram. Tahun 2018 ia lebih memilih resign dan pulang ke kampung halaman dengan melanjutkan usaha yang sudah berjalan selama 7 tahun tersebut.

“Kebetulan pada saat itu, bisnis mukena sedang meningkat terutama ke negara tetangga Malaysia, Singapore dan Brunei. Pemesanan mukena ke negara tetangga mengalami peningkatan pemesanan. Dalam jangka waktu sebulan bisa mencapai 2 ribu hingga 3 ribu pieces,” kata dia.

Awalnya, Reza hanya mengambil produk mukena dari orang lain atau menjadi reseller. Namun kini ia memproduksi mukena bordir sendiri dan memiliki pekerja sebanyak 40 orang.

“Saya lebih memilih jadi pengusaha dari pada PNS, karena usaha ini lebih menjanjikan. Potensi produk bordir Tasik ini bagus,” ucapnya.

Ia mengaku selalu mengutamakan kualitas produk. Mukena bordirnya selalu rapi, memiliki desain yang variatif dan nyaman dikenakan.

“Misi saya ingin melestarikan bordir sebagai produk khas Tasik dan menjadikannya go internasional,” katanya.

Makanya, kata ia, selain membuka toko di Jalan Siliwangi Kota Tasikmalaya, ia pun menjalankan usahanya secara online. “Saya belajar ilmu digital marketing, makanya Alhamdulillah usaha bisa tetap jalan meskipun sedang pandemi Covid-19,” katanya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.