Munaslub Tidak Tunggu Praperadilan

182
0
Ade Komarudin

JAKARTA – Munaslub Partai Golkar akan digelar berbarengan dengan sidang praperadilan ketua umumnya, Setya Novanto. Pergantian posisi ketua umum itu pun tak akan menunggu putusan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pasalnya, sebanyak 20 dari 34 DPD I partai berlambang pohon beringin itu menyatakan kesepakatannya.
”Saya kira, waktunya mungkin bersamaan dengan praperadilan, karena praperadilan batasnya pendek,” ungkap Ade Komarudin, politisi Partai Golkar kepada wartawan di Jakarta Minggu (26/11).
Mantan Ketua DPR RI itu mengaku desakan untuk mengadakan munaslub Partai Golkar merupakan aspirasi nyata dari berbagai daerah. ”Ya, harus munaslub. Saya melihat DPD (Dewan Pimpinan Daerah, Red) I dan DPD II sudah tidak tahan. Jadi, mereka yang mau, bukan elite karena mereka sudah enggak tahan kondisi partai yang cukup memprihatinkan. Jadi ya mereka mendesak untuk segera ada jalan keluar dan satu-satunya jalan keluar munaslub,” papar Akom, sapaan akrab Ade Komarudin.
Dijelaskan Akom, DPP Partai Golkar sudah menggelar pertemuan dengan seluruh DPD Tingkat I di Jakarta pada Sabtu (25/11). “Mereka menganggap itu satu-satunya jalan untuk keluar dari keprihatinan yang cukup lama. Jangan lupa, menurut AD/ART kalau dua pertiga (suara, Red) ingin, mau bagaimana? “ tambah Akom.
Pernyataan Akom diamini Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi. Dia membeberkan, sekitar 20 DPD I Partai Golkar seluruh Indonesia sepakat untuk menggelar munaslub memilih pengganti Setnov sebagai ketua umum. Sesuai syarat ketentuan untuk menggelar munaslub, yakni 2/3 usulan nasional atau tinggal 3 DPD lagi.
“Kita menangkap aspirasi dari masyarakat, Golkar ada perubahan (pasca kasus Novanto, Red). Sesuai koridor partai, sekarang nyampai angka 20 DPD, tinggal tiga lagi,” ujarnya kepada wartawan melalui keterangan tertulisnya, Minggu (26/11).
Dia juga menegaskan, untuk menyelamatkan dan membenahi Partai Golkar, Munaslub adalah agenda mendesak. Sehingga mayoritas DPD I mengusulkan digelar munaslub.
Terpisah, Ketua Bidang Pemenangan Pemilu I Partai Golkar Nusron Wahid mengungkapkan, munaslub Partai Golkar akan digelar bulan Desember 2017. “Insya Allah. Bila Allah menghendaki. Untuk tempat belum tahu, tapi ya kira-kira di Jakarta,” kata Nusron di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Sabtu (25/11).
Nusron menambahkan, jika para Ketua DPD Golkar ingin segera menggelar munaslub, maka harus meski menghormati hasil rapat pleno. Menurutnya, munaslub merupakan jalan keluar untuk bisa menyelamatkan partai.
“Kami sudah bicara siapa calonnya (calon ketua umum). Hari Kamis isunya sudah bergeser, bukan jadi munaslub atau tidak, tapi siapa calonnya. Dan Airlangga lebih diuntungkan. Yang jelas Airlangga lebih dominan,” imbuhnya.
Selain Airlangga Hartarto, Nusron menambahkan, nama Idrus Marham diisukan juga masuk untuk menggantikan Setnov. Menurutnya, jika adanya munaslub dan adanya pemilihan pasti ada luka di setiap hati para kader. (aen/dil/jpg)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.