Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Munculkan Produk Unggulan Desa Bahara

114
0
ABADIKAN MOMEN. Mahasiswa Unigal berfoto bersama masyarakat Desa Bahara Kecamatan Panjalu.

PANJALU – Kelompok KKN Universitas Galuh di Desa Bahara Kecamatan Panjalu berupaya membantu masyarakat memunculkan makanan olahan sebagai produk unggulan. Seperti keripik, serabi, manisan pepaya dan kerupuk daun singkong.

“Selain membuat, kami juga membantu dalam pemasaran,” ungkap Ketua KKN Unigal di Desa Bahara Egie Nurfauzi kepada Radar, Senin (25/2).

Selain membantu mengembangkan makanan olahan, lanjutnya, mahasiswa juga menggerakan masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebagai kebun sayur. Sebab, wilayah yang terdiri dari lima dusun ini memiliki udara yang dingin sehingga cocok untuk menanam sayuran seperti pakcoi, sawi, cabai dan lainnya.

Lima dusun di Desa Bahara antara lain Dusun Karanganyar, Cililitan, Jongorsari, Sukaluyu dan Karangtawang. Semua wilayah itu telah memiliki pos pemberdayaan keluarga (posdaya) yang didirikan kelompok KKN Unigal sebelumnya.

Melalui posdaya, mahasiswa berupaya membantu masyarakat mengembangkan potensi ekonomi, pendidikan, kesehatan dan agama.

Di bidang agama, kata dia, masyarakat Desa Bahara rajin mengikuti pengajian mingguan dan bulanan di desa.

Sementara, di bidang pendidikan pemerintah desa memiliki program Paket B dan Paket C untuk menyetarakan pendidikan masyarakatnya agar bisa mendapat pendidikan yang lebih baik.
“Besar harapan kami program-program yang sudah dibuat dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Bahara,” ucapnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.