Munggahan Berujung Duka Cita

685
0
Istimewa CARI KORBAN. Polisi dan warga ketika mencari Suryana (35), saat tenggelam di Sungai Cikunten, Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya pada Minggu (6/5).
Loading...

TASIK –  Setiap menyambut bulan suci Ramadan, banyak warga di Jawa Barat melaksanakan tradisi Munggahan. Namun apabila tidak hati-hati momen tersebut bisa berujung duka cita.

Seperti yang dialami Suryana (35), seorang guru ngaji yang meninggal setelah tenggelam di Sungai Cikunten Kampung Cangkuang Desa Sirnasari Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya pada Minggu (6/5).

Ustaz yang berasal dari Kampung Urug Desa  Jayaputra Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya diduga wafat karena tidak bisa berenang setelah memaksakan diri mandi di Sungai Cikunten.

Kapolsek Leuwisari AKP  Wahyudin SH menyatakan sebelum tenggelam korban bersama 11 muridnya menggelar munggahan dengan ngaliwet bareng di tepi Sungai Cikunten.

Namun sekitar pukul 09.00, korban berniat mandi di sungai sambil menunggu nasi liwet matang yang sedang dimasak oleh murid-muridnya. Kemudian korban meloncat dari tepi sungai dengan ketinggian enam meter. “Setelah beberapa menit korban loncat ke air, tidak muncul kembali ke permukaan,” ujar Wahyudin.

Loading...

Kemudian murid-murid korban pun meminta tolong kepada warga terdekat dengan jarak 150 meter dari Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Selanjutnya, warga sekitar bersama polisi berdatangan dan ikut mencari keberadaan korban. ”Kita cari menggunakan bambu, baru pukul 13.22 korban ditemukan.   Dengan jarak 15 meter dari awal korban meloncat,” jelasnya.

Saat ditemukan, kata Wahyudin, korban sudah dalam keadaan meninggal dunia. “Kita sempat bawa ke Puskesmas Sariwangi untuk dilakukan pemeriksaan luar, dan  hasilnya tidak ditemukan adanya luka akibat kekerasan atau benturan benda tajam maupun tumpul,” paparnya.

Setelah itu korban langsung dipulangkan ke rumah duka. Dugaan sementara, korban tenggelam karena tidak bisa berenang, sebab kedalaman sungai mencapai 5-6 meter. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.