Musim Hujan Datang, Waspadai Luapan Sungai

2

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis Ani Supiani ST MSi mengingatkan warga untuk mewaspadai luapan mendadak air sungai.

Menurut Ani saat ini musim hujan mulai datang. Air bisa meluap. Maka pemancing atau warga yang mencari ikan di sungai harus senantiasa awas.

Terlebih, Kholiludin (55), ketua RT 10 Cikananga Desa Slamanik Kecamatan Cipaku ditemukan menjadi mayat dua hari lalu. Dia ditemukan sudah tewas di Sungai Cimuntur Selasa (25/9).

Jasad Kholiludin ditemukan setelah tim SAR dan warga melakukan pencarian. Diduga, Kholiludin terseret air sungai secara mendadak.

“Karena kejadian kemarin juga tidak menutup kemungkinan saat sungai surut, tiba-tiba hujan langsung air sungai menjadi besar dan korban terseret arus sungai dan meninggal dunia,“ papar Ani.

Data dari BPBD, kawasan sungai yang kerap meluap berada di wilayah Panumbangan, Lakbok, Banjarsari, Banjarayar dan Pamarican.

“Saya imbau masyarakat tingkatkan kewaspadaan, karena Ciamis rawan berbagai bencana, salah satunya banjir akibat luapan sungai,“ ujarnya. (isr)

loading...