Musim Hujan, Rentan Muncul Penyakit

19

TAROGONG KIDUL – Memasuki musim penghujan, masyarakat diimbau lebih menjaga kesehatan. Hal itu karena di musim hujan rentan muncul berbagai penyakit yang timbul akibat lingkungan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut dr Tenny Swara Rifai mengatakan tingginya curah hujan menyebabkan banyak wilayah yang tergenang air. Kondisi ini membuat penyebaran penyakit lingkungan tinggi, karena berkembangnya bakteri yang menimbulkan bibit-bibit penyakit. “Musim hujan ini bukan hanya berpotensi bencana saja, tetapi penyebaran penyakit juga sangat rawan dan perlu diantisipasi,” katanya kepada wartawan Senin (11/2).

Tenny menerangkan penyakit yang rawan menyerang saat musim penghujan yakni demam berdarah dengue (DBD), infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) hingga gatal-gatal. “Penyakit ini mudah menyebar saat musim hujan ini. Sehingga masyarakat perlu waspada,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini tingkat kasus penyakit berbasis lingkungan yang menyerang warga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Seperti kejadian DBD, awal tahun ini mencapai 22 kasus. “Kalau melihat di periode sebelumnya, ada peningkatan. Jadi perhatian dan penanganan harus lebih,” katanya.

Dalan menangani penyakit tersebut pihaknya sudah melakukan berbagai upaya pencegahan maupun penanganan. Salah satunya melakukan sosialisasi dan penyuluhan terhadap masyarakat.

Selain itu, melakukan pendisitribusian obat-obatan ke masing-masing puskesmas. Pihaknya juga telah menjalin kerja sama dengan sejumlah rumah sakit, baik milik pemerintah maupun swasta.

“Langkah ini kami lakukan untuk menekan penyebaran penyakit lingkungan dan juga untuk mempercepat penanganan kepada warga yang sudah terpapar,” terangnya.

Tenny mengimbau maayarakat untuk membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Selain itu disarankan memperbanyak mengomsumsi buah-buahan atau sayuran yang banyak mengandung vitamin C. “Dengan banyak mengonsumsi makanan sehat dan vitamin C bisa meningkatkan daya tahan tubuh,” terangnya. (yna)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.