Musim Pancaroba Rentan Penyakit

193
0
PERIKSA. Dokter Hendro Kasmanto MKM berinteraksi dengan pasien di Klinik BTH Tasikmalaya Jumat (10/1). Di musim pancaroba ini rentan penyakit. RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA
PERIKSA. Dokter Hendro Kasmanto MKM berinteraksi dengan pasien di Klinik BTH Tasikmalaya Jumat (10/1). Di musim pancaroba ini rentan penyakit. RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Musim pancaroba rentan menyebabkan penyakit. Peralihan dari musim kemarau ke musim hujan tersebut menyebabkan perubahan suhu dan kelembapan udara yang cukup ekstrem.

“Musim pancaroba tak hanya akan menyebabkan masalah cuaca, tapi juga akan menyebabkan daya tahan tubuh menurun sehingga orang-orang rentan sakit,” ujar dr Hendro Kasmanto MKM saat di temui Radar di Klinik BTH Tasikmalaya Jumat (9/1).

Beberapa penyakit yang sering muncul saat musim pancaroba yakni penyakit influenza atau flu, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan radang tenggorokan.

Ia menjelaskan, flu disebabkan virus  influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan dan paru-paru. Penyebaran virus ini terjadi ketika penderita bersin atau berbicara, lalu menularkan virus melalui udara.

Khusus untuk penyakit flu, kata ia, biasanya jumlah penderitanya meningkat. Hal itu dikarenakan perubahan suhu dan kelembabannya yang ekstrem.

Biasanya keluhan yang dialami si penderita adalah batuk, pilek dan rasa panas di tubuh meskipun kadang tidak disertai kenaikan suhu tubuh. Tenggorokan juga terasa kering dan sakit saat menelan. Inilah yang kerap disebut masyarakat sebagai penyakit panas dalam.

Hendro menjelaskan, musim pancaroba memang menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh, metabolisme dan meningkatnya serangan penyakit.

Pasalnya, ujar dia, cuaca yang berubah akan mengubah tekanan udara, suhu, serta komposisi udara. Hal ini akan menciptakan kondisi yang sesuai untuk tempat berkembangnya kuman dan virus di sekitar manusia.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.