Myanmar, Kami Datang!

17
0
RAYAKAN GOL. Timnas Indonesia U-23 berhasil mengilas Laos U-23 dengan skor 4-0 di Stadion City of Imus Granstand pada SEA Games 2019 Kamis (5/12). Selanjutnya Timnas U-23 akan berhadapan dengan Myanmar U-23 di semifinal pada Sabtu (7/12). faisal r syam / fin
RAYAKAN GOL. Timnas Indonesia U-23 berhasil mengilas Laos U-23 dengan skor 4-0 di Stadion City of Imus Granstand pada SEA Games 2019 Kamis (5/12). Selanjutnya Timnas U-23 akan berhadapan dengan Myanmar U-23 di semifinal pada Sabtu (7/12). faisal r syam / fin

MANILA – Timnas Indonesia U-23 memastikan diri lolos ke babak semifinal SEA Games 2019 usai mencukur Laos 4-0 di babak pamungkas grup B sepakbola SEA Games 2019, kemarin (5/12). Kemenangan Garuda Muda di Stadion City of Imus Granstand juga memupus harapan pesaing terkuatnya Thailand lolos ke babak selanjutnya.

Tim Gajah Putih bermain imbang 2-2 kontra Vietnam, hasil ini membuat Thailand tetap berada di posisi ke tiga dengan poin 10.

Sejak babak pertama, Indonesia tampil menekan lewat serangkaian manuver ke jantung Laos. Di menit ke lima, winger Indonesia Saddil Ramdani memecah kebuntuan lewat sontekannya ke gawang Laos yang dijaga Solasak Thilavong.

Tertinggal satu gol membuat Laos semakin gencar menyerang pertahanan Indonesia. Beberapa kali skuat Moorthy Sundram kerap mendapatkan peluang untuk bisa menyamakan kedudukan. Beruntung semua peluang itu tak bisa dimanfaatkan Laos dengan baik.

Indonesia yang banyak memanfaatkan serangan balik juga selalu gagal untuk menambah keunggulan di paruh pertama itu. Beberapa kali upaya Saddil dan Egy Maulana bisa dipatahkan barisan belakang Laos. Hingga akhirny skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Dua menit babak kedua dimulai, Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0. Kali ini Osvaldo Haay yang sukses mencatatkan namanya di papan skor. Bagas Adi Nugroho berhasil memperlebar keunggulan Indonesia menjadi 3-0 lewat eksekusi penalti di menit ke-72. Tembakan Bagas sempat diblok kiper lawan namun ia berhasil menunaikan tugasnya dengan menyambut bola liar di depan gawang.

Osvaldo Haay menambah koleksi gol di massa injury time babak kedua. Ini menambah koleksi striker Persebaya mencatatkan Namanya sebagai top skor lewat tujuh gol sepanjang babak penyisihan Grup B.

Kemenangan 4-0 membuat Indonesia memastikan lolos ke semifinal SEA Games 2019. Keberhasilan itu juga disusul hasil pertandingan Vietnam dan Thailand yang berakhir imbang 2-2. Sejatinya, Thailand nyaris lolos ke babak semifinal setelah ia berhasil unggul dua gol lebih dulu atas Vietnam. Namun hal itu sirna setelah Vietnam berhasil menyamakan kedudukan dan membuat mereka tetap bertahan di puncak klasemen.

Ya, hingga berakhirnya laga pamungkas Grup B ini, Vietnam tetap berada di puncak klasemen dengan raihan 13 poin dari lima laga. Indonesia sukses menempati posisi runner-up dengan 12 poin. Sedangkan, Thailand berada di peringkat ketiga degan koleksi 10 poin diikuti Singapura dan Laos (4), dan Brunei (0).

Menanggapi hasil ini, pelatih kepala Indonesia U-23, Indra Sjafri mengaku sangat bersyukur. Menurutnya, lolos ke putaran semifinal pesta olahraga dua tahunan tersebut menjadi target awal timnya.

“Alhamdulillah, hari ini kita bisa mewujudkan target pertama kita yaitu lolos ke babak semifinal SEA Games 2019,” ungkap pelatih berkumis tebal itu usai pertandingan.

Indra mengaku cukup puas dengan penampilan anak asuhnya. Meski ia sedikit kecewa anak asuhnya kurang bisa memberikan sentuhan di babak pertama. Namun hal itu dimengertinya, dia menilai anak asuhnya telah kelelahan.

“Pertandingan hari ini, kita lakoni dengan sangat baik walaupun babak pertama sedikit kurang bagus dalam gim. Mungkin karena beberapa pemain sudah bermain beberapa kali, ada dua pemain yang masih cedera,” jelas Indra.

Di babak semifinal, Timnas Indonesia U-23 bakal berhadapan dengan juara grup A yaitu Myanmar. Pertandingan itu sendiri rencananya bakal berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Sabtu (7/12) besok sore. Untuk persiapan laga tersebut, Indra menegaskan bakal melakukan pemulihan stamina dan fisik terhadap anak asuhnya pada Jumat (6/12) hari ini.

“Kita akan lanjut lagi, melakukan pertandingan pada tanggal 7 (Desember 2019) besok. Dan kita perlu memberikan recovery untuk bisa bermain lebih di pertandingan itu,” pungkas Indra. (gie/fin/tgr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.