Nagreg-Limbangan Macet, Arus Dialihkan

224
0
PENGALIHAN ARUS. Petugas Dishub dan Satuan Lantas Polres Ciamis mengalihkan arus kendaraan dari arah timur ke barat menuju Tol Cipali, Minggu (9/6).

CIAMIS – Polres Ciamis dan Dinas Perhubungan (Dishub) mengalihkan arus kendaraan dari arah Banjar menuju Jakarta ke arah Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di simpang Alun-Alun Ciamis, Minggu (9/6). Pengalihan tersebut dilakukan lantaran arus kendaraan pebalik Lebaran di dari Nagreg Kabupaten Bandung, Limbangan Kabupaten Garut hingga Gentong Kabupaten Tasikmalaya macet.

Sekretaris Dishub H Edy Yulianto A TD MM mewakili Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis Drs Endang Sutrisna Msi menerangkan, ada sekitar 5.000 kendaraan roda empat yang dialihkan ke Kawali, Cikijing Majalengka menuju Tol Cipali. Pengalihan arus untuk mengurai kemacetan di Nagreg-Limbangan tersebut sudah dilakukan sejak Jumat (7/6). “Kami dari Dishub dan Satuan Lantas Polres Ciamis terpaksa mengalihkannya ke arah Tol Cipali untuk mengurangi beban kepadatan jalur selatan di Garut, Gentong dan Nagreg dan itu terbukti efektif,” kata Edy kepada Radar, kemarin siang.

Menurut dia, pengalihan arus ke Tol Trans-Jawa itu bisa mengurangi beban kepadatan kendaraan di jalur-jalur nasional. Pihaknya juga melakukan sistem buka tutup di simpang Alun-Alun Ciamis. Kendaraan dari arah timur ke barat itu kemungkinan tidak hanya kembalinya para pekerja atau aparatur sipil negara (ASN) ke tempat kerjanya, tetapi juga banyak keluarga yang pulang berwisata dari Pangandaran atau tempat wisata lainnya. “Kita terus pantau selama 24 jam volume kendaraan yang melewati jalur Ciamis,” kata dia.

Dia bersyukur arus kendaraan di jalur Ciamis tidak sampai macet total tetapi padat merayap. Kendaraan yang mendominasi masih roda dua sebagai mana Lebaran tahun lalu. “Upaya pelayanan kepada para pemudik dan pebalik kita maksimalkan, namun tetap kita terus sambil evaluasi juga kekurangan-kekurangan kita guna perbaikan tahun nantinya,” kata dia.

Dia berterima kasih kepada semua pihak yang telah mengatur jalannya lalu lintas selama mudik dan balik Lebaran sehingga arus kendaraan di Ciamis cukup lancar dan aman. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.