Naik Bus Sonagar, Bayar Pakai Sampah

132
0
Suherman

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mulai mengoperasikan bus tur wisata Pesona Garut (Sonagar). Pengoperasian pertama bus langsung dilakukan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut Suherman di Halaman Gedung Pendopo Garut Jumat (5/7).

Kepala Dishub Kabupaten Garut Suherman mengatakan rute awal yang akan dilalui Bus Wisata Sonagar yakni dari mulai Gedung Pendopo, Alun-Alun, Jalan Jendral Ahmad Yani, Jalan Ciledug, Jalan Siliwangi, Jalan Cikuray dan kembali ke halaman Pendopo. “Untuk rute awal baru di sekitar perkotaan saja. Nanti rute selanjutnya sambil dirancang lagi,” ujarnya.

Dalam operasional pertama, pihaknya tidak memungut biaya kepada masyarakat yang naik Bus Sonagar. Pihaknya hanya meminta mengumpulkan sampah dulu di sekitar alun-alun dan pendopo sebelum naik bus wisata. “Jadi bayar karcisnya pakai sampah sebanyak satu kantong kresek lalu disetorkan ke motor sampah yang sudah disediakan Dinas Lingkungan Hidup,” terangnya.

Terkait tarif nantinya, kata dia, belum pastiMasih terus dikaji pengelola bus wisata. “Jadwal, aturan dan rute masih dikaji. Ini masih dalam tahap percobaan saja,” terangnya.

Dia optimis keberadaan bus Sonagar masyarakat lokal maupun wisatawan. “Antusias masyarakat cukup tinggi, terus-terusan membeludak untuk menumpang bus Sonagar. Mereka terlihat sangat senang menumpang bus Sonagar bersama keluarga dan anak-anaknya,” katanya.

Delisa (22), warga Kampung Galumpit Desa Margawati Kecamatan Garut Kota bangga dan gembira dengan adanya fasilitas wisata di wilayah perkotaan Garut. “Sekarang bisa keliling kota menggunakan bus wisata. Jadi bisa keliling Kota Garut,” terangnya.

Dia meminta pemerintah secepatnya menentukan aturan dan besaran tarif untuk naik bus wisata. “Rute dan jam operasionalnya juga harus cepat ditentukan, supaya masyarakat tidak bingung,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.