Beranda Kota Tasik Napi Narkoba Selipkan HP di Kasur

Napi Narkoba Selipkan HP di Kasur

85
BERBAGI

TAWANG – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Tasikmalaya menemukan 13 unit hand phone di tiga sel tahanan. Hal itu terungkap setelah petugas melakukan pemeriksaan di setiap sel tahanan, Rabu (11/7).

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Klas II B Tasikmalaya Eris Ramdani mengatakan pemeriksaan itu dilakukan secara mendadak bahkan tanpa rencana. Hal itu lebih efektif sehingga tidak ada risiko informasi bocor.

“Waktu nobar piala dunia anggota ngumpul, kita sikat saja setiap sel,” ungkapnya kepada Radar.

Dia menerangkan ada 13 unit HP dari tiga sel. Tiga diantaranya dari sel khusus narapidana narkoba. Mereka menyimpan HP tersebut di dalam bantal, kasur, bawah lemari dan tempat tersembunyi lainnya. “Bahkan ada yang bikin sejenis bunker untuk menyembunyikan HP itu,” jelasnya.

Pemeriksaan itu pun dilanjutkan untuk menemukan siapa pemilik HP tersebut. Untuk ketiga belas narapidana itu, pihaknya akan memberikan sanksi berupa pencabutan hak-hak tertentu. Seperti hak remisi dan hak jenguk. “Karena bawa HP termasuk pelanggaran berat,” tuturnya.

Kasi Adm Kamtib Lapas Klas II B Tasikmalaya Sutisna SH MH menuturkan para narapidana berkilah HP itu digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga. Padahal, Lapas sendiri menyediakan wartel khusus. Mereka pun enggan terbuka tentang bagaimana mendapatkan HP tersebut. “Ngakunya sih saat kunjungan,” ujarnya.

Selain diamankan, 13 unit hp itu langsung dihancurkan dengan cara dipalu sampai rusak. Hal itu untuk memastikan HP tersebut tidak bisa lagi digunakan. “Supaya napi juga tidak berpikir kalau HP-nya kita gunakan untuk keperluan kita,” katanya. (rga)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.