Narkoba, Ancaman Ekonomi dan Keamanan

6

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis mengadakan Asistensi Penguatan Berwawasan Anti Narkoba kepada Kelompok Masyarakat di Aisyah Meeting Room Hotel Priangan di Jalan Yos Sudarso, Selasa (9/10).

Masyarakat harus benar-benar mewaspadai narkoba. Lantaran, modus penyebarannya semakin beragam. “Bila terdapat keluarga, teman atau anggota masyarakat yang telah terjerumus ke dalam masalah narkoba hingga kecanduan, segera laporkan kepada BNN untuk dipulihkan dengan cara direhabilitasi oleh kami,” ungkap Kepala BNN Kabupaten Ciamis AKBP Yaya Satyanagara SH kemarin.

Dalam asistensi itu ada sekitar 30 peserta yang hadir. Terdiri dari perwakilan tokoh masyarakat, kader PKK, dan Karang Taruna Desa se-Kecamatan Rancah. Mereka diminta turut membantu BNN mencegah peredaran narkoba. “Kami terus gencar melakukan upaya pencegahan dari berbagai kalangan,” papar dia.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat ( P2M ) BNN Kabupaten Ciamis Deny Setiawan S Sos MM menyebut penyalahgunaan narkoba sudah mencemaskan semua kalangan. Maka dari itu, untuk mencegahnya tidak cukup dilakukan aparat penegak hukum. Tapi perlu ada peran serta masyarakat.

Peredaran narkoba merupakan kejahatan luar biasa, terorganisir dan bersifat lintas negara. Efeknya berdampak pada permasalahan sosial, ekonomi dan ancaman keamanan. Kondisi ini akan merusak kehidupan masyarakat di masa mendatang. “Kami berharap dengan kegiatan ini para peserta mampu untuk membentengi dirinya sendiri dan mampu untuk menyebarkan informasi ini kembali di lingkungannya masing-masing,” ucapnya.

Kasi Rehabilitasi Aris Nuryana SSos menyatakan tidak akan memberikan toleransi kepada bandar dan pengedar narkoba. Sementara, bagi para pecandu atau korban akan direhabilitasi. Hal ini sesuai dengan amanat UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Pada pasal 54, pecandu narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial. “Semoga dengan kegiatan ini, kita harapkan bisa meningkatkan sinergitas serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk ikut berperan serta dalam menciptakan lingkungan masyarakat yang terbebas dari penyalahgunaan narkoba,” tutur dia. (isr)

 

loading...