Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.1%

88.5%

3.1%

0.3%

5.9%

0%

1%

0%

NasDem Siapkan Kriteria Capres 2024

13
0
KONGRES. Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh menghadiri Kongres Ke-8 Partai NasDem di JI Expo, Jakarta.
KONGRES. Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh menghadiri Kongres Ke-8 Partai NasDem di JI Expo, Jakarta.

JAKARTA – Pemilu 2024 masih lima tahun lagi. Namun, Partai NasDem sudah menyiapkan kriteria calon presiden. Belum ada nama yang dipersiapkan untuk diusung. Yang jelas, calon harus memiliki elektabilitasnya tinggi, kapasitas, kapabilitas, dan akuntabilitas yang mumpuni.

“Kriteria pertama, elektabilitasnya harus tinggi. Karena kalau tinggi, maka didukung rakyat. Yang kedua, calon yang akan diusung harus memiliki kapasitas, kapabilitas, dan akuntabilitas. Akuntabilitas itu terkait moral seorang yang akan dicalonkan,” kata Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago di Jakarta, Sabtu (9/11).

Menurutnya, NasDem sudah melihat-lihat siapa saja sosok yang bisa ikut kontestasi Pilpres 2024. Namun, masih terlalu jauh jika memutuskan calon tersebut saat ini. Dia tidak memungkiri semua parpol pasti punya frame dan agenda untuk Pemilu 2024.

“Politik itu kan dinamis dan selalu berubah tergantung situasi. Seperti apa situasinya, maka parpol juga akan mengikuti,” ujar dia.

Dia membantah kehadiran tiga gubernur dalam Kongres Partai NasDem sebagai langkah awal pemetaan politik untuk Pilpres 2024. Tiga gubernur itu adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Misalnya Pak Anies diundang NasDem karena lokasi Kongres di Jakarta. Dia merupakan Gubernur DKI Jakarta. Sehingga wajar mengundang untuk memberikan sambutan. Itu bagian dari penghormatan saja. Karena kita ingin membangun yang namanya partai role model ke depan. Jangan kemudian karena berseberangan, terus harus kelihatan berperang. Tidak boleh begitu,” tuturnya.

Menurut Irma, Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh pernah menyampaikan kepada Anies bahwa kinerjanya di Jakarta baru 50 persen. Karena itu, Paloh berharap agar Anies segera meningkatkan kinerjanya hingga 80 persen di akhir periode.

Sementara itu, pakar komunikasi politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menilai sinyal NasDem mempersiapkan Anies Baswedan untuk Pilpres 2024 semakin kuat. Diakui, perkembangan politik ke depan sangat dinamis.

Keputusan NasDem memilih Anies untuk membuka Kongres II partai itu menjadi salah satu sinyal.

“Tidak biasanya partai politik untuk agenda nasional, apalagi sekelas kongres menyerahkan kepada gubernur untuk membuka kongres. Bukankah kalau partai berkongres biasanya Presiden yang diberikan kesempatan membuka dan membacakan sambutan,” kata Direktur Eksekutif Emrus Corner tersebut.

Dari kajian ilmu politik, setiap langkah yang dilakukan parpol pasti didasari pertimbangan. Apalagi ketika melakukan kegiatan selevel kongres. (rh/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.