Negeri di Atas Awan di Cibatu Karangnunggal Tasik

270
0
ISTIMEWA Santai. Kepala Dusun Kampung Cintasari Asep Irawan bersantai di Gunung Kedok Desa Cibatu Karangnunggal yang menyajikan panorama wisata atas awan.

KARANGNUNGGAL – Kabupaten Tasikmalaya memiliki berbagai macam potensi wisata yang belum dikenal secara luas. Padahal, wisata-wisata tersebut menjanjikan sebagai penghasil pendapatan asli daerah (PAD) dan kesejahteraan masyarakat ketika dikembangkan.

Letak geografis Kabupaten Tasikmalaya yang luas, mulai dari dataran tinggi dan rendah membuat banyak potensi yang bisa menjadi destinasi wisata.

Seperti bukit yang berada di Desa Cibatu Kecamatan Karangnunggal. Kawasan tersebut disebut warga sebagai negeri di atas awan, karena lokasinya yang tinggi dan tersaji pemandangan indah. Sehingga orang yang berada di lokasi tersebut seperti dekat dengan awan.

Tempat wisata ini memang belum begitu dikenal oleh masyarakat luas, khususnya di Tasikmalaya. Namun, keindahannya tidak kalah menarik dengan lokasi wisata lainnya yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala Dusun Kampung Cintasari Desa Cibatu Kecamatan Karangnunggal Asep Irawan mengatakan, lokasi panorama alam negeri di atas awan ini berlokasi di Gunung Kedok dan Curug Tepungan di Kampung Mekarsari RT/RW 31/007 Desa Cibatu.

“Mulai dibukanya tahun 2019, objek wisata panorama alam negeri di atas awan ini dua jam dari wilayah Kota Tasikmalaya untuk bisa sampai ke objek wisata ini,” ujarnya kepada Radar, Jumat (6/11).

Menurut dia, di lokasi wisata ini atas inisiatif para pemuda dan pemerintah desa setempat membuat sarana prasarana penunjang seperti gazebo, musala, warung angkringan, tempat selfie, ayunan dan area bermain lainnya.

Baca juga : PATROLI GOWES, Cara Polsek Indihiang Kota Tasik Ingatkan Warga Soal Prokes Covid-19

“Akses jalan bisa ditempuh oleh mobil dan motor. Bahkan yang mau sambil bersepeda atau adventure motor juga bisa. Apalagi untuk berfoto selfie karena keindahan alamnya dinikmati di ketinggian sehingga disebut negeri di atas awan,” ujar dia.

Dia menambahkan, untuk tiket masuk ke lokasi wisata negeri di atas awan ini pengunjung hanya ditarif Rp 5.000 per orang. Selain bisa menikmati pemandangan di ketinggian, wisatawan pun bisa sambil menikmati keindahan Curug Tepungan.

“Termasuk bisa berkemah di Gunung Kedok yang lokasinya indah dan cocok bagi wisatawan untuk berakhir pekan dan melepas penat. Sambil juga disuguhi pemandangan Sungai Ciwulan yang memanjang dibawahnya yang airnya menuju ke muara laut Cipatujah,” ujarnya.

Kepala Desa Cibatu Kecamatan Karangnunggal Ade Hernawan menambahkan, bahwa pengembangan lokasi wisata alam negeri di atas awan ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Cibatu.

“Alhamdulillah Bumdes Desa Cibatu bisa dikembangkan di bidang pengelolaan wisata desa, yang nantinya masuk kepada pendapatan asli desa (PADes). Mudah-mudahan bisa berkembang dan banyak dikunjungi wisatawan,” harap dia. (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.