Nelayan Pangandaran Mulai Panen Ikan

86
0
PANEN RAYA IKAN. Memasuki musim kemarau tahun ini, tangkapan ikan di Kabupaten Pangandaran mulai meningkat Kamis (4/7). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – Memasuki musim kemarau di petengahan tahun 2019, nelayan di Pangandaran memasuki panen raya ikan laut. Tangkapan ikan mulai meningkat di sejumlah tempat.

Salah seorang nelayan Edi Rusnandi (45) mengatakan tangkapan ikan sejak bulan Ramadan kemarin memang cukup melimpah seperti ikan kembung, layur dan lain-lain sangatlah mudah didapat. ”Alhamdulilah, sudah memasuki musimnya,” kata dia kepada Radar, Kamis (4/7).

Menurutnya, nelayan biasa menjual ikan –ikan hasil tangkapannya ke pengepul atau bakul, sebagiannya dijual langsung kepada warga. ”Harganya pun variatif, ada yang puluhan ribu per kilogram ada juga sampai ratusan ribu per kilogram,” jelasnya.

Lanjut dia, jenis ikan yang banyak dicari adalah layur, ikan layang dan tenggiri. ”Masyarakat banyak yang menyukai ikan kuwe,” tuturnya.

Selain itu, para nelayan jaring arad mulai merasakan berkah musim kemarau, setidaknya mereka mendapat lima kuintal dalam sehari. ”Setelah musim paceklik kemarin, sekarang banyak sekali ikan yang didapat dari hasil menjaring,” tuturnya.

Salah serang warga Encih (50), mengatakan setiap memasuki musim kemarau masyarakat di tepi Pantai Pangandaran rutin berburu ikan layang.

”Ikan layang banyak di tepi pantai saat cuaca dingin seperti ini. Di tepi pantai suhunya cukup hangat, sehingga banyak ikan yang menepi,” papar dia mengakhiri. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.