Diduga Depresi, Buruh Bangunan Nekat Loncat ke Sungai Citanduy

Nelepon Sebelum Bunuh Diri

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

BANJAR – Seorang buruh bangunan Triagus Sugiarto (36) nekat bunuh diri. Dia meloncat ke Sungai Citanduy di Lingkungan Cipadung Kelurahan Purwaharja Kecamatan Purwaharja Kota Banjar Minggu (9/9). Diduga dia depresi.

Triagus tercatat sebagai warga Pringgokusuman, Gedongtengen, Jogjakarta. Dia loncat ke Sungai Citanduy sekitar pukul 09.00. Jasadnya ditemukan tim SAR gabungan tiga jam kemudian.

”Kami datang ke Banjar untuk menjemput karena sebelumnya dia (korban, red) nelepon ingin pulang dan minta dijemput. Tapi pas keluarga sudah di Banjar, dia sering berusaha kabur. Iya memang beberapa bulan lalu pernah dirawat di Rumah Sakit Jiwa Grasia Jogjakarta sekitar bulan Juli 2018,” ujar kakek korban, Muhammad Umar kemarin.

Umar menuturkan, keluarga korban baru saja tadi malam tiba di Banjar. Tadinya akan menjemput korban untuk dibawa pulang ke Jogjakarta. Karena, sebelumnya korban menelepon ingin pulang ke kampung halaman.

Namun saat tiba di Banjar pada Sabtu malam (8/9) korban selalu ingin pergi tanpa alasan yang jelas. Menurutnya, juga korban yang bekerja sebagai buruh bangunan di Lingkungan Banjarkolot itu sebelumnya memiliki riwayat gangguan jiwa.

“Korban memang mempunyai riwayat sakit gangguan jiwa akibat depresi, dengan keluarga juga tidak terbuka. Keluarga kaget dan sedih saat mendengar dia loncat ke sungai dan ditemukan meninggal,” katanya.

Saksi mata di lokasi, Yosep Syahroni menjelaskan sempat melihat korban saat berjalan kaki dengan tergesa-gesa ke arah Sungai Citanduy. Selang beberapa menit korban sudah turun ke Sungai Citanduy.

“Pada awalnya dikira korban berenang. Ternyata korban melakukan bunuh diri masuk ke dalam Sungai Citanduy dan hanyut terbawa aliran Sungai Citanduy dan terlihat korban tenggelam kemudian hilang ke dasar sungai,” ujarnya.

“Saya langsung kasih tahu masyarakat. Lalu ada yang lapor ke BPBD dan polisi karena dia (korban) sudah tenggelam. Saya tidak nyangka korban akan bunuh diri. Kira saya, korban akan berenang,” terangnya. (cep)

loading...