Ngabuburit Sembari Belajar IT

55

TASIK – Banyak cara yang dilakukan untuk menunggu buka puasa. Salah satunya dengan ngabuburit sambil belajar informasi teknologi (IT). Seperti yang diselenggarakan Kelompok Belajar Ceria Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (14/5).

Kelompok Belajar Ceria Kabupaten Tasikmalaya, Ajat Sudrajat mengatakan ada sekitar 10 orang yang mengikuti ngabuburit sambil belajar ini.

“Kebanyakan mereka kaum perempuan, masih duduk di bangku SMP dan SMA. Mereka belajar literasi, digital, internet sehat, desain grafis, office, multimedia, video editing dan pemograman dasar,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Kata dia, kegiatan ini selalu dilaksanakan secara rutin selama Ramadan yang diikuti oleh anggota kelompok belajar dan masyarakat umum.

Kegiatan belajar non formal ini diberikan secara gratis kepada para siswa khususnya di Desa Gunungsari Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya.

“Target kami ingin mengenalkan sejak dini ilmu IT kepada generasi muda. Sehingga mereka bisa lebih memahami dan mendalaminya,” paparnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya pun mengenalkan untuk menggunakan internet yang sehat. Mulai dari browsing, chatting, sosial media, upload dan download secara tertib dan baik.

“Jadi penekanannya anak-anak ini dilatih untuk menggunakan internet sesuai norma-norma dan aturan yang berlaku di masyarakat,” bebernya.

Selain materi, kata dia, pihaknya memberikan anak-anak membuat langsung desain grafis dan video pendek, dengan tema kampanye menggunakan media sosial yang bijak.

“Memang kegiatan ini sudah berlangsung lima bulan lalu. Namun, untuk Ramadan momennya pas sambil ngabuburit,” bebernya.

Kata dia, memang banyak cara dilakukan menunggu waktu berbuka puasa. Namun, pihaknya menekankan kepada anak-anak ini untuk memanfaatkan waktu baik ini dengan belajar.(obi) 

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.