Ngeri! Seorang Nelayan Tak Sengaja Tangkap Buaya

12

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

Seorang nelayan di Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, secara tidak sengaja menangkap seekor buaya sepanjang 1,5 meter saat akan mengangkat jaring miliknya di kawasan muara Sungai Seruyan.

Staf Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Tanjung Puting Wilayah II Nindra Karma di Kuala Pembuang, Selasa, mengatakan setelah kejadian itu nelayan langsung membawa buaya tersebut ke rumahnya.

“Nelayan itu pun langsung memberitahukan penangkapan itu kepada kami. Kami menerima informasi penangkapan itu sekitar jam 12.00 WIB. Kami pun langsung melakukan penjemputan dan sekarang buaya itu sudah ada di kantor kami,” katanya.

Dia menjelaskan pemindahan buaya berjalan lancar. Satwa dilindungi itu jenis buaya muara dan memiliki panjang sekitar 1,5 meter.

Di Seruyan tidak ada kantor perwakilan Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA. Meskipun penanganan satwa dilindungi bukan menjadi wewenang SPTN Tanjung Puting Wilayah II, namun menjadi tugas mereka juga untuk melakukan penyelamatan.

“Kami sudah melaporkan kejadian itu ke BKSDA Kalimantan Tengah untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” kata dia.

Dia menjelaskan keberadaan buaya di Seruyan merupakan hal yang biasa, karena sejumlah lokasi memang menjadi habitat buaya jenis muara.

Selama ini belum pernah terjadi konflik antara buaya dengan manusia di Seruyan. Namun, masyarakat, khususnya anak-anak, diminta tetap waspada dan mengurangi aktivitas di sungai.

“Kejadian tertangkapnya buaya oleh nelayan di Seruyan yang kedua dalam empat hari terakhir,” katanya.

Sebelumnya, seekor buaya muara dengan panjang sekitar dua meter juga ditangkap warga di Desa Kartika Bakti, Kecamatan Seruyan Hilir Timur.

Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah mengatakan pihaknya sudah menerima laporan terkait dengan penangkapan buaya secara tidak sengaja oleh nelayan di Kuala Pembuang.

“Kami sedang membuat laporannya kepada pimpinan untuk mendapatkan petunjuk sebelum dilakukannya kegiatan penjemputan,” ujarnya.

Muriansyah memastikan buaya tersebut akan dijemput oleh BKSDA, namun belum diketahui ke mana nantinya akan diantar, apakah ke penangkaran di Palangka Raya atau Kotawaringin Barat.

(Ant/Fin)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.