Beranda Pangandaran Nikah Siri, PNS Terancam Dipecat

Nikah Siri, PNS Terancam Dipecat

360
BERBAGI

PARIGI – Bagi PNS yang hidup bersama dengan wanita atau pria sebagai suami istri tanpa ikatan perkawinan syah, diancam hukuman diberhentikan atau dipecat.

”Pada pasal 15 ayat 1 Peraturan Pemerintah No 10 tahun 1983 tentang Perkawinan dan Perceraian memaparkan, PNS dilarang hidup bersama dengan wanita atau pria sebagai suami istri tanpa ikatan perkawinan yang sah,” ungkap Kepala Bidang Mutasi dan Pengembangan Karier

Badan Kepegawaian Pengembangan Daerah dan Pengembangan SDM Kabupaten Pangandaran Ganjar Nugraha Kamis (5/4).

Menurutnya, bagi PNS yang melanggar pasal 15, berdasarkan pasal 17 akan dikenai sanksi hukuman pemberhentian atau dipecat.

”Dan setelah ditegur atasannya sebagaimana dimaksud pasal 15 masih terus melakukannya, dijatuhi hukuman disiplin berupa pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri,” tuturnya.

Para PNS, kata dia, harus memberikan contoh baik dan memberikan pendidikan kepada masyarakat.

”Nikah siri itu syah secara agama namun tidak punya kekuatan hukum,” tuturnya.

Apalagi jika nikah siri tersebut tidak diketahui istri pertama alias diam-diam dan tidak mengimbaukan perintah atasan, maka akibatnya sangat fatal.

Menurutnya bagi masyarakat yang mengetahui ada PNS yang nikah siri tanpa sepengetahuan istri pertama, maka bisa dilaporkan kepada pihaknya agar bisa diproses.

”Nantinya agar bisa diproses secara bertahap,” tuturnya. (den)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.