Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.7%

8.2%

2.3%

24.4%

2.4%

46.4%

0.1%

15.4%

0%

Nikmatnya Dimsum Produk Sendiri di Nyatoo

346
0

ASIA PLAZA – Bisnis kuliner di Kota Tasikmalaya kian menggeliat. Buktinya, berbagai penganan khas, baik dari luar maupun dari berbagai daerah di Indonesia, banyak disajikan. Berbagai event kuliner pun kerap digelar.

Salah satunya yang dilakoni Ela (40). Dia fokus bisnis dimsum sejak 24 Februari 2014, karena dimsum di Kota Tasikmalaya masih belum banyak yang melirik.

“Memang kalau di kota lain kan seperti Jakarta, Bandung sudah ada. Kalau Kota Tasikmalaya setahu saya belum ada,” katanya, di Asia Plaza, Kota Tasikmalaya.

Ela menjelaskan, dimsum sendiri berasal dari negeri tirai bambu (China, red). “Yang membedakan dimsum Indonesia yaitu dari segi bahannya. Kalau penyusun bahan di Indonesia digunakan dari daging yang halal,” katanya.

Dari segi bentuk, kata Ela, sama seperti siomay. Tetapi memiliki perbedaan tersendiri. “Bahannya, bumbunya juga sudah beda. Kalau dimsum kan yang disajikannya lebih ke daging,” ungkap Ela.

Sejak awal perintisan, lanjut Ela, semua bahan dipasok orang lain. “Karena kan kita coba-coba dulu, dan ternyata responnya bagus. Akhirnya saya produksi sendiri. Dulu saya ngambil barang jauh dari Jakarta. Sedangkan dimsum tidak bisa lama di luar ruangan. Kalau lebih dari satu hari itu basi, dan itu resiko di jalan. Sedangkan variannya banyak. Jika salah satu variannya duluannya habis, kita tanggung kalau pesansedikit, habis di ongkos. Makanya saya putuskan buat sendiri,” paparnya.

Ela membuat produk dimsum sendiri dibantu suaminya sejak Januari 2016. “Testimoni dari konsumen sangat baik. Kata konsumen rasanya juga lebih enak bikinan sendiri,” katanya.

Bahan dasar penyusun dimsum, lanjut Ela, dibeli di luar kota. Di Kota Tasikmalaya hanya beberapa toko yang menyediakan barang.

“Contohnya rumput laut, di Tasik kadang ada dan kadang tidak ada. Kalaupun ada harganya juga tiga kali lipat lebih mahal. Makanya kalau ada yang mau ke Bandung saya suka nitip,” tukasnya.

Ela memasarkan produknya di Nytoo dan Asia Toserba. Dari jenis varian dimsum terdapat 28 jenis varian, dan harganya Rp13 ribu. “Yang paling rame pembeli itu pada saat weekend,” tandasnya. (anshari)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.