Nilai USBN SD Memuaskan

510
0
KELULUSAN. Guru SDN Galunggung membagikan hasil kelulusan kepada orang tua siswa Rabu (12/6). Hasil USBN 2019 memuaskan, dengan nilai tertinggi didapat siswa SDN Galunggung. Fatkhur Rizqi/ Radar Tasikmalaya

TASIK – Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya mengumumkan hasil Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bagi 222 Sekolah Dasar (SD) negeri dan swasta se- Kota Tasikmalaya Rabu (12/6).

Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Agus Permana SPd MM menjelaskan dari hasil USBN 2019 ini nilai terbaik didapat oleh siswa dari SDN Galunggung dengan total nilai 298,0 atau didominasi nilai seratus.

Peringkat dua dan tiga diraih oleh SDN Pajajaran dengan nilai 297,70 dan 297,40. Nilai tersebut gabungan dari tiga mata pelajaran yakni bahasa Indonesia, matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

“Siswa dengan nilai tertinggi yakni Berisa Putri Jelila dari SDN Galunggung, peringat dua Raden Allea Faisa Adrianne, ketiga Novita Putri Ayuningtyas Susanto dari SDN Pajajaran,” kata dia kepada Radar, Rabu (12/6).

Adapun nilai rata-rata USBN yakni 249,93. Pada masing-masing SD berhasil mendapatkan nilai tertinggi seratus, nilai rata-rata delapan puluh dan nilai terendah dua puluh.

Ia mengatakan hasil USBN merupakan prestasi dari kegiatan belajar mengajar yang semakin merata. Nilai USBN juga menjadi tolok ukur kualitas sekolah.

Mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019, kata ia, menggunakan sistem zonasi, hal ini agar prestasi siswa dapat merata. “Dengan sistem zonasi, sekolah dapat mengem­bangkan potensi, terjadi pemerataan prestasi serta pembangunan fisik dan SDM yang tersebar merata, tidak hanya SD yang favorit saja,” jelasnya.

Siswa SDN Galunggung Berisa Putri Jelila mengaku bangga bisa meraih nilai USBN tertinggi tahun ajaran 2018-2019. Putri pasangan Nilani Angraeni dan Iwan Suwandi ini mendapat nilai 298,0 dari tiga mata pelajaran yang diujikan.

“Nilai ini adalah hasil kesungguhan saya dalam belajar. Di kelas saya fokus memahami dan mende­ngarkan guru saat menerangkan pelajaran dan mem­perbanyak soal latihan-latihan soal USBN,” katanya.

Berisa pun mengikuti bimbingan belajar matematika, tak heran ia mendapatkan nilai seratus untuk mata pelajaran tersebut.

Berisa rencananya akan melanjutkan sekolah ke SMPN 2 Tasikmalaya. “Prestasi ini menjadi motivasi untuk semakin tekun belajar dan menggapai cita-cita,” ujar siswa yang hobi membaca ini. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.