Nomor HP Kadishub Garut Diretas, Korbannya Tertipu Jutaan Rupiah

70
1

GARUT KOTA – Nomor telepon yang digunakan untuk aplikasi pesan WhatsApp milik Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Garut Suherman diretas oleh para pelaku kejahatan beberapa hari yang lalu.

Dalam aksi peretasan itu, para pelaku mengirim pesan WA dengan narasi meminjam uang Rp 3 juta untuk biaya pengobatan anak kepada sejumlah orang.

Baca juga : Dinsos Garut Jamin Beras untuk PKH Layak Konsumsi

“Iya benar nomor WA saya diretas, modus pelaku meminjam uang kepada sejumlah orang yang nomornya ada di WA saya ini,” ujar Kadishub Garut Suherman kepada wartawan, Jumat (9/10).

Menurut dia, ketika nomor WA-nya diretas, banyak pejabat Pemkab Garut, anggota DPRD serta para jamaah pengajian menerima pesan WA yang menyatakan bahwa dirinya meminjam uang Rp 3 juta untuk berobat anaknya.

Bahkan beberapa jamaah pengajian yang dipimpinnya sudah ada yang mengirim sejumlah uang kepada para pelaku peretasan yang mengatasnamakan dirinya itu, karena sudah terlanjur percaya.

“Ya ada beberapa orang jamaah yang kena tipu pelaku. Dia percaya saja dan langsung men-transfer uang nilainya di atas lima jutaan” ujarnya.

Baca juga : Pemkab Garut Antisipasi Kluster Covid-19 di Pesantren

Menurut Suherman, setelah dilaporkan, dilacak, dan diberitahukan ke operator, termasuk ke pihak perbankan, ternyata peretasan WA pribadinya tersebut berasal dari Sulawesi.

“Jamaah saya yang telah mengirimkan uang itu kan ada resinya. Lalu ditanyakan, ternyata dari Sulawesi. Selanjutnya saya ke operator ternyata pelaku mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem dan situs. Pelaku merusak sebuah sistem, mencuri data milik orang lain melalui jaringan internet,” ujarnya. (yna)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.