Normalisasi DAS Cikidang Kewenangan Provinsi, Ganti Rugi Warga Dibayar Pemkab Pangandaran

61
0
MENYERAHKAN. Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyerahkan uang ganti rugi proyek DAS Cikidang, Jumat (3/4). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – Warga terdampak normalisasi Sungai Cikidang menerima ganti rugi dari pemerintah daerah. Penyerahan ganti rugi ini diberikan langsung Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata, Jumat (3/4).

Kata Jeje, jumlah ganti rugi kepada masyarakat dalam proyek normalisasi DAS Cikidang sebesar Rp 4,3 miliar. Sebenarnya proyek normalisasi Daerah Aliran Sungai Cikidang kewenangannya ada di provinsi, tapi untuk ganti rugi tidak masuk dalam anggarannya, jadi dialokasikan pemerintah daerah.

Baca juga : Perbatasan Pangandaran Dijaga Ketat Petugas

“Masyarakat yang terdampak menginginkan adanya penggantian dan mau tidak mau harus diberikan. Yang penting lahan warga itu harus diberikan penggantian, jadi APBD Kabupaten Pangandaran harus digunakan,” ucapnya. Jelas Jeje, dana penggantian bervariasi mulia dari Rp 500.000-Rp 100 juta, sesuai dengan luas lahan yang mereka miliki dan terdampak dalam proyek tersebut.

“Alhamdulillah untuk ganti rugi sudah diberikan kepada masyarakat yang terkena dampak,” ujarnya, menjelaskan. Normalisasi tersebut dilaksanakan pada tahun lalu, hal tersebut guna menekan potensi banjir yang terjadi setiap tahun. Biasanya warga yang ada di sekitar DAS Cikidang paling merasakan dampaknya ketika terjadi banjir.

Baca juga : Enam Pengurus HIPMI Pangandaran Negatif Corona

Loading...

Saat itu rumah Susi Pudjastuti juga kerap terkena banjir. “Mudah-mudahan ke depannya tidak ada lagi banjir di Pangandaran,” harapnya. Dalam kesempatan itu Jeje juga mengajak semua orang untuk menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai. Sehingga aliran tidak tersumbat, jadi kita harus disiplin lagi. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.