Normalisasi Sungai Cikidang dan Ciputrapinggan Sudah Tepat

35
Solehudin

PANGANDARAN – Tokoh pemuda Kabupaten Pangandaran Solehudin mendukung normalisasi Sungai Cikidang dan Ciputra­pinggan di Kabupaten Pangandaran.

Sebab menurutnya, akibat pendangkalan dua sungai tersebut, sebagian masyarakat di beberapa kecamatan terkena dampak banjir saat musim hujan. “Salah hal yang harus dilakukan ya normalisasi atau pengerukan, itu sudah tepat sekali” tegasnya kepada Radar, Minggu (17/3).

Adanya normalisasi sungai, kata dia, bisa menimbulkan konsekuensi,terutama kepada bangunan warga di sekitar sungai. ”Ya nanti ada upaya tersendiri, apakah itu ada ganti rugi atau bagaimana, yang jelas jangan jadi penghambat rencana normalisasi,” terangnya.

Menurut Solehudin, jika normalisasi tersebut tidak dilakukan maka akan berdampak ke masyarakat banyak. ”Jadi tidak hanya menimpa masyarakat di pinggir sungai saja, tapi yang kena dampak masyarakat lain,” katanya.

Ia berharap Pemkab Pangandaran dan provinsi mencari solusi terbaik, untuk mencegah timbulnya masalah dari normalisasi sungai tersebut. ”Tapi saya yakin tidak akan ada masalah, mudah-mudahan,” harapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Surya Dharma mengatakan pihak provinsi sudah mempertimbangkan dan menghitung proses normalisasi itu. ”Termasuk kajian dampak lingkungan yang ditimbulkan,” ujarnya.

Surya menyebutkan banjir tidak hanya disebabkan oleh pendangkalan sungai, tapi juga disebabkan oleh rontoknya pepohonan sebagai penyerap air. ”Makanya penghijauan juga harus dilakukan,” tuturnya. (den)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.